Inspirasi

Selasa, 30 Desember 2014

RPP IPS Kelas IX semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah             : SMP 1 Doro
Mata Pelajaran             : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester          : IX / 2 (dua)
Standar Kompetensi     : 5.    Memahami hubungan manusia dengan bumi.                                       
Kompetensi Dasar       : 5.1. Menginterpretasikan peta tentang pola dan bentuk-bentuk
                                         muka bumi.
Alokasi waktu              : 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran        :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
  1. Menganalisis bentuk-bentuk muka bumi pada peta beserta nama-namanya.
  2. Membuat diagram/penampang melintang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
  3. Mendeskripsikan pola dan bentuk objek geografis sesuai dengan bentang alam

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )

B. Materi Pembelajaran         :
1.        Bentuk-bentuk muka bumi pada peta.
2.        Diagram Bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
3.        Teknik/Cara penggambaran bentuk muka bumi pada peta.

C. Metode Pengajaran           :
1.                              Ceramah bervariasi
2.                              Diskusi
3.                              Inquiry
4.                              Tanya Jawab
5.                              Simulasi
6.                              Pengamatan ( observasi )

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran           :
1.   Pertemuan I   
      Materi  : - Bentuk-bentuk muka bumi pada peta.                    
a. Pendahuluan            :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
Motivasi           : Menunjukkan gambar/foto permukaan bumi
Apersepsi         :
-          Mengapa permukaan bumi tidak rata?
-          Pernahkah kalian pergi ke pantai atau ke gunung? Sebutkan apa saja yang kamu lihat?

b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru meminta siswa untuk memperhatikan peta.
F  Siswa menyebutkan relief yang ada pada peta.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Siswa menyimpulkan kegiatan guru.
F  Guru memberikan pertanyaan pada siswa dengan berdiskusi interaktif.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Membuat kesimpulan.
F  Melakukan tes yang berhubungan dengan materi.
F  Memberi tugas individu agar siswa menyebutkan contoh relief daratan dan dasar laut lewat gambar majalah atau Koran.

2.   Pertemuan II 
      Materi  : - Diagram bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
                   
a. Pendahuluan            :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
Motivasi           : Menunjukkan gambar/foto permukaan bumi
Apersepsi         :
-          Berilah contoh relief permukaan bumi dan dasar laut?.

b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru meminta siswa untuk memperhatikan gambar-gambar bentuk permukaan bumi daratan dan dasar laut.
F  Siswa menjelaskan perbedaan daratan dan dasar laut.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Secara bergantian siswa maju ke depan untuk menunjukkan contoh relief daratan dan dasar laut.
F  Secara kelompok siswa membuat kesimpulan tentang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan tes yang berhubungan dengan materi di atas.
F  Memberi tugas individu di LKS.


3.   Pertemuan III
      Materi  :
                    - Pola dan bentuk objek geografis.                

a. Pendahuluan            :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
Motivasi           : Menunjukkan gambar/foto objek geografis
Apersepsi         :
-          Berilah contoh Pola dan bentuk objek geografis?.

b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru meminta siswa untuk memperhatikan gambar-gambar pola dan bentuk objek geografis

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Secara bergantian siswa maju ke depan untuk menunjukkan contoh pola dan bentuk objek geografis
F  Secara kelompok siswa membuat kesimpulan tentang pola dan bentuk objek geografis

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan tes yang berhubungan dengan materi di atas.
F  Memberi tugas individu di LKS.

E. Sumber Belajar:
1.                                                                  Buku
-          Buku IPS kelas IX
-          Buku paket Geografi kelas IX
-          Buku IPS kelas IX penerbit umum
2.                                                                  Guru
3.                                                                  OHP
4.                                                                  Gambar-gambar
5.                                                                  CD
6.                                                                  Peta Kontur

F. Penilaian Hasil Belajar:                
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Menganalisis bentuk-bentuk muka bumi pada peta.

Ü  Membuat diagram/ penampang melintang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.

Ü  Mendeskripsikan pola dan bentuk obyek geografis sesuai dengan bentang alam.


Tes harian


Tes unjuk kerja


Tugas

Tes Uraian


Produk



Tugas rumah
Ü  Jelaskan empat dari bentuk muka bumi daratan.
·   
Ü  Buatlah penampang bentuk muka bumi daratan  dan dasar laut!

Ü  Amatilah peta bentuk muka bumi Pulau Kalimantan. Jelaskan pola dataran rendah dan pegunungan di pulau tersebut!
                       
a.      Pilihan ganda
1)   Berikut ini bentuk-bentuk muka bumi daratan, kecuali…….
a.    Bukit                   c. Palung
b.    Danau                 d. gunung





1
 
2)  
2
 
3
 



4
 



Pada gambar di atas, lembah ditunjukkan pada angka…….
a.       1                      c. 3
b.     
3
 
2                      d. 4
1
 



3)  
2
 
4
 



Pada gambar di atas, palung ditunjukkan pada angka…….

c.       4                      c. 2
d.      3                      d. 1

4. Lembar penilaian
No
Nama Siswa
Aspek yang di nilai
Jumlah Skor
Nilai
1
2
3
4
1-5
1-5
1-5
1-5
1.
2.
3.
4.
5.









Keterangan aspek yang dinilai.
Ø  Komentar.                                                                 5
Ø  Isi sesuai dengan materi.                                           5      
Ø  Jumlah (banyak sedikitnya)                                      5
Ø  Kerapian                                                                   5      +
                                                                                 20
Jumlah skor maksmum
Nilai = skor perolehan : 2
                                                                                   
Mengetahui,
Kepala SMP 1 Doro,



USMAN, S.Pd
NIP. 19670724 198901 1 002

Doro, 14 Juli 2014
Guru Mapel  IPS,



KHAIRUL HUDA






RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah             : SMP 1 Doro
Mata Pelajaran             :  Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester          :  IX / II
Standar Kompetensi     : 5.     Memahami hubungan manusia dengan bumi.                                        
Kompetensi Dasar          : 5.2.  Mendeskripsikan keterkaitan unsur-unsur geografis dan penduduk di kawasan Asia Tenggara
Alokasi                        : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )


A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
1.      Menunjukkan letak geografis kawasan Asia Tenggara.
2.      Menginterpretasikan peta untuk mendapatkan informasi bentang alam di kawasan Asia Tenggara.
3.      Mendeskripsikan keadaan iklim di kawasan Asia Tenggara.
4.      Mendeskripsikan Sumber daya alam di kawasan Asia Tenggara.
5.      Menyajikan  informasi data kependudukan ( jumlah, persebaran, suku bangsa) dan mata pencaharian di kawasan Asia Tenggara.
6.      Memberikan contoh barang-barang perdagangan antarnegara di kawasan Asia Tenggara.
7.      Memberikan contoh bentuk kerjasama Indonesia dengan  negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )

B. Materi Pembelajaran:
1.      Unsur-unsur fisik dan sosial kawasan Asia Tenggara.
2.      Bentang alam di kawasan Asia Tenggara.
3.      Iklim di kawasan Asia Tenggara.
4.      Sumber daya alam di kawasan Asia Tenggara.
5.      Penduduk di kawasan Asia Tenggara.
6.      Kegiatan ekonomi penduduk di kawasan Asia Tenggara.
7.      Kerjasama Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

C. Metode Pengajaran           :
1.                              Ceramah bervariasi
2.                              Diskusi
3.                              Tanya Jawab
4.                              Simulasi
5.                              Pengamatan ( observasi )


D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran           :
1.   Pertemuan I
      Materi  : - Unsur-unsur fisik dan sosial kawawan Asia Tenggara.
                    - Bentang alam kawasan Asia Tenggara.                   
  - Iklim di kawasan di Asia Tenggara

a. Pendahuluan            :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
Motivasi           : Menunjukkan peta Asia Tenggara
Apersepsi         :
-          Di negara manakah tempat tinggal kita?
-          Sebutkan iklim di Indonesia ?

b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru menyajikan peta Asia Tenggara.
F  Guru memberi informasi unsur fisik dn sosial dan bentang alam di kawasan Asia Tenggara.
F  Guru memberi informasi tentang iklim di kawasan Asia Tenggara.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membentuk 4 kelompok diskusi.
F  Siswa mempresentasikan hasil diskusi.
F  Siswa mengumpulkan hasil diskusi.
F  Guru menyimpulkan.
F  Siswa menulis hasil kesimpulan dari guru.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas terstruktur dan mandiri

3.   Pertemuan II
      Materi  :
-     SDA di kawasan Asia Tenggara.
-          Kependudukan di kawasan Asia Tenggara.
-          Kegiatan ekonomi penduduk dan kerjasama Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara
                 
a. Pendahuluan            :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
Motivasi           : Menunjukkan peta Asia Tenggara
Apersepsi         :
-          Apakah negara-negara di kawasan Asia Tenggara juga mempunyai tembang minyak?
-          Kegiatan ekonomi / mata pencaharian utama di kawasan Asia Tenggara
   
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru menyajikan peta Asia Tenggara.
F  Guru memberi informasi SDA & kependudukan di kawasan Asia Tenggara.
F  Dengan peta siswa menunjukkan persebaran SDA negara di kawasan Asia Tenggara.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Dengan tanya jawab siswa dapat menjelaskan kependudukan negara di kawasan Asia Tenggara.
F  Guru menyimpulkan materi SDA & kependudukan di kawasan Asia Tenggara.
F  Siswa menulis hasil kesimpulan.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik terstruktur maupun mandiri

E. Sumber Belajar;
1.                                                                  Buku
-          Buku IPS kelas IX
-          Buku IPS kelas IX penerbit Yudhistira
2.                                                                  Guru
3.                                                                  OHP
4.                                                                  Peta
5.                                                                  Gambar-gambar

F. Penilaian Hasil Belajar:                
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Menunjukkan letak geografis kawasan Asia Tenggara.

Ü  Menginterpretasi peta untuk mendapatkan informasi bentang alam kawasan Asia Tenggara.



Ü  Mendeskripsikan keadaan iklim di kawasan Asia Tenggara.

Ü  Mendeskripsikan sumber daya alam di kawasan Asia Tenggara.

Ü  Penyajikan informasi data kependudukan (jumlah, persebaran, suku bangsa), dan mata pencaharian di kawasan Asia Tenggara.

Ü  Memberikan contoh barang-barang perdagangan antar negara di kawasan Asia Tenggara.

Ü  Memberikan contoh bentuk kerjasama Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.
.Tes tulis


Tes unjuk kerja





Tes tulis



Tes tulis


Tes lisan





Tes tulis




Tes tulis
Tes Uraian


Produk






Tes Uraian



Tes Uraian


Daftar pertanyaan




Tes Uraian




Tes Uraian
Jelaskan letak geografis kawasan Asia Tenggara!

Buatlah peta kawasan Asia Tenggara. Cantumkan pada peta tersebut obyek-obyek:
-    Laut-laut
-    Sungai-sungai
-    Pegunungan/gunung

Berdasarkan letak lintangnya beriklim apakah Asia Tenggara?


Sebutkan bahan tambang dari negara Indonesia dan Malaysia.

Sebutkan negara-negara di Asia Tenggara yang dihuni oleh Ras Mongoloid Melayu.



Sebutkan empat komoditas utama dari Negara Thailand



Berikan empat kerjasama Indonesia dengan Malaysia bidang kebudayaan!

                       
                                                                                   
Mengetahui,
Kepala SMP 1 Doro,



USMAN, S.Pd
NIP. 19670724 198901 1 002

Doro, 14 Juli 2014
Guru Mapel  IPS,



KHAIRUL HUDA


                             


RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah             : SMP 1 Doro
Mata Pelajaran             :  Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester          : IX / II
Standar Kompetensi     : 5.   Memahami hubungan manusia dengan bumi.                                       
Kompetensi Dasar       : 5.3.Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas
                                                benua dan samudra.
Alokasi                        : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran        :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
1.      Menunjukkan letak/posisi benua-benua dan samudera-samudera di muka bumi pada peta.
2.      Menjelaskan batas-batas wilayah geografis tiap-tiap benua dengan bantuan peta dunia.
3.      Menyebutkan sedikitnya 4 karakteristik tiap-tiap benua di muka bumi.
4.      Menyebutkan sedikitnya 3 karakteristik tiap-tiap samudera di muka bumi.
5.      Menjelaskan pembagian kawasan benua-benua di muka bumi selain benua Ausralia dan Antartika.
6.      Menyebutkan sedikitnya 2 contoh negara-negara di tiap-tiap kawasan benua.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )

B. Materi Pembelajaran:
1.      Letak/posisi benua-benua dan samudera
a.       Letak astronomis
b.      Letak geografis
2.      Batas wilayah benua-benua dan samudera
3.      Karakteristik benua-benua
4.      Karakteristik samudera-samudera
5.      Pembagian kawasan benua-benua
6.      Contoh negara-negara di berbagai kawasan benua

C. Metode Pengajaran:
1.                              Ceramah
2.                              Diskusi
3.                              Tanya Jawab
4.                              Pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.   Pertemuan I               
a. Pendahuluan            :
                        Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas
                        Motivasi           : Menunjukkan Peta Dunia
Apersepsi: -    guru memberikan pengantar bahwa bumi dibagi ke dalam beberapa bagian: daratan, perairan, dan udara; dilengkapi dengan contoh-contohnya.
  berapa jumlah benua dan samudera di bumi ?

b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip wawasan wiyata mandala dan belajar dari aneka sumber;
F  dengan tanya jawab menyebutkan contoh-contoh terjadinya perubahan sosial.
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membagi siswa ke dalam 8 kelompok.
F  Setiap kelompok membuka/menyiapkan atlas dunia dan buku sumber (atlas dan buku sumber bisa disiapkan oleh guru)
F  Setiap kelompok mengkaji atlas dan buku sumber dengan bantuan Lembar Kerja untuk memperoleh kompetensi mengenai posisi-posisi benua-benua dan samudera, dan batas-batas wilayah geografis setiap benua dan samudera (Lembar Kerja terlampir)
F  Siswa meminta dua kelompok secara bergantian untuk menyajikan hasil kerja kelompoknya di hadapan kelompok-kelompok lain. Kelompok lain memberikan tanggapan.
F  Kelas dibagi ke dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 siswa (Kelompok Kooperatif)
F  Guru membagi tugas, dimana setiap siswa dalam kelompok memperoleh tugas yang saling berbeda. Pembagian tugas sebagai berikut:
Ø  Siswa pertama : mengidentifikasi karakteristik Benua Asia dan Eropa
Ø  Siswa kedua    : mengidentifikasi karakteristik Benua Afrika dan Amerika
Ø  Siswa ketiga    : mengidentifikasi karakteristik Benua Australia, Samudera Pasifik, dan Hindia
Ø  Siswa keempat : mengidentifikasi karakteristik Samudera Pasifik dan Atlantik
F  Siswa-siswa di berbagai kelompok yang memperoleh tugas yanag sama berhimpun menjadi satu (Kelompok Ahli)
F  Kelompok ahli melakukan kajian buku sumber untuk memperdalam bidang tugasnya masing-masing.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi.
F  Guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa tugas disuksi belum selesai, dan akan dilanjutkan pada pertemuan yang akan datang
F  melakukan penilaian

2.   Pertemuan II.
a. Pendahuluan            :
            Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas   
Motivasi           : Menunjukkan Peta Dunia
Apersepsi         :
 Guru menyampaikan kepada siswa bahwa hari ini akan melanjutkan diskusi pada minggu yang lalu (karena belum selesai)
Bagaimanakah urutan benua-benua di bumi mulai dariyang terbesar ?

b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip wawasan wiyata mandala dan belajar dari aneka sumber;
F  dengan tanya jawab menyebutkan contoh-contoh terjadinya perubahan sosial.
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Setelah menyelesaikan diskusinya di kelompok ahli, semua siswa kembali ke kelompok kooperatif.
F  Di kelompok kooperatif siswa menyampaikan hasil kerjanya di kelompok ahli kepada teman-teman yang tergabung pada kelompok kooperatif. Kegiatan ini dilakukan secara bergantian.
1.      Siswa dibagi menjadi 8 kelompok.
2.      Melalui bantuan lembar kerja, setiap kelompok melakukan pembagian kawasan di setiap benua dan dilengkapi contoh negara-negara di dalamnya. Kegiatan ini dilakukan dengan bantuan buku-buku sumber dan atlas dunia. Adapun pembagian tugasnnya sebagai berikut:
F  Kelompok I dan V         : Benua Asia
F  Kelompok II dan VI      : benua Afrika
F  Kelompok III dan VII    : Benua Eropa
F  Kelompok IV dan VIII  : benua Amerika
Guru meminta 4 kelompok yang mewakili Asia, Eropa, Afrika, dan Amerika untuk menyajikan hasil kerja kelompoknya. Kelompok lain memberikan tanggapan.


§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi :
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik terstruktur maupun mandiri

E. Sumber Belajar
1.                                                                  Buku IPS kelas IX,
2.                                                                  Atlas Dunia
3.                                                                  Peta Dunia/Peta Eropa/Peta Asia/Peta Afrika/Peta Amerika
4.                                                                  Buku pelatihan terintegrasi berbasis kompetensi

F. Penilaian Hasil Belajar                             
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mendeskripsikan proses pembentukan benua.


Ü  Menginterpretasi peta dunia dan atau globe untuk mendapatkan  informasi tentang posisi benua-benua dan samudera.

Ü  Mendeskripsikan karakteristik masing-masing benua.






Ü  Memberi contoh negara-negara di masing-masing kawasan benua.


Ü  Menginterpretasi peta dunia untuk mendapatkan informasi tetang karakteristik masing-masing samudera.


·   Tes ter
·   tulis
·    
·    
·   Tes unjuk kerja



·   Tes tulis
·    
·    
·    

·    
·    
·    
·   Tes tulis.
·    



·   Tes  unjukkerja
·    
·   Tes Uraian
·    
·    
·    
·   Tes identifikasi



·   Pilihan ganda
·    




·    
·   Tes Uraian.




·   Tes petik kerja produk
·    
·   Sebutkan bukti-bukti bahwa antara benua Afrika dan benua Amerika pernah menyatu!

·   Tunjukkan lima benua di dunia pada peta !



·   Ciri-ciri bentang alam Asia Selatan antara lain ....
a. daerah Pegunungan Tinggi
b.daerah gurun yang luas
c. didominasi dataran rendah
d.lembah sungai dan dataran rendah
§  
§ Sebutkan masing-masing dua jenis tumbuhan dan hewan yang hidup di Samudera Arktik !



§ Buatlah peta persebaran benua dan samudera di dunia pada kertas HVS.

                       
                                                                                   
Mengetahui,
Kepala SMP 1 Doro,



USMAN, S.Pd
NIP. 19670724 198901 1 002

Doro, 14 Juli 2014
Guru Mapel  IPS,



KHAIRUL HUDA







RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah             : SMP 1 Doro
Mata Pelajaran             : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester          : IX / II
Standar Kompetensi     : 6. Memahami usaha mempertahankan Republik Indonesia.                                        
Kompetensi Dasar       : 6.1. Mendeskripsikan perjuangan bangsa Indonesia merebut
                                         Iran Barat.
Alokasi                        : 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran        :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
  1. Menjelaskan latar belakang terjadinya perjuangan mengembalikan Irian Barat.
  2. Mengidentifikasi perjuangan diplomasi dan ekonomi dalam upaya mengembalikan Irian Barat.
  3. Mengidentifikasi perjuangan dengan konfrontasi politik dalam upaya mengembalikan Irian Barat.
  4. Mengidentifikasi pelaksanaan Trikomando rakyat (Trikora) untuk merebut Irian Barat.
  5. Mendeskripsikan persetujuan New York dan pengaruhnya terhadap penyelesaian masalah Irian Barat.
  6. Menjelaskan arti penting penentuan pendapat rakyat (Pepera) Irian Barat.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )

B. Materi Pembelajaran         :
  1. Latar belakang terjadinya perjuangan mengembalikan Irian Barat.
  2. Bentuk-bentuk perjuangan diplomasi, politik dan ekonomi .
  3. Bentuk-bentuk perjuangan  melalui konfrontasi politik .
  4. Pelaksanaan Trikora.
  5. Persetujuan New York.
  6. Papera.

C. Metode Pengajaran           :
            Pendekatan CTL
1.                              Ceramah bervariasi
2.                              Diskusi
3.                              Tanya Jawab
4.                              Penugasan

D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran         :
1.   Pertemuan I
      Materi  : - Latar belakang terjadinya perjuangan mengembalikan Irian Barat.
  - Bentuk-bentuk perjuangan diplomasi, politik dan ekonomi.
a. Pendahuluan            :
            Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas
            Motivasi           : Menunjukkan Peta Indonesia
Apersepsi :
Meminta salah satu siswa untuk memimpin menyanyikan lagu Dari Sabang Sampai Merauke
-          Meminta salah satu siswa untuk menunjukkan letak P. Irian Barat pada peta Indonesia .
-          Memberi pertanyaan tentang isi perundingan KMB

b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip wawasan wiyata mandala dan belajar dari aneka sumber;
F  dengan tanya jawab menyebutkan contoh-contoh terjadinya perubahan sosial.
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Guru membagi kelas dalam 8 kelompok , setiap kelompok terdiri dari 5 siswa.
F  Guru membagi kartu pokok permasalahan :
F  Kelompok Natsir 1 dan 2 : Upaya perundingan kabinet pada masa demokrasi Liberal untuk pengembalian Irian Barat.
F  Kelompok Sukiman 1 dan  2 : Perjuangan diplomasi  pengembalian Irian Barat Melalui forum PBB
F  Kelompok Ali Sastroamijoyo 1 dan 2 : Perjuangan pengembalian Irian BaratDengan pembentukan pemerintahan sementara Tahun 1956.      
F  Kelompok Burhanudin Harahap 1 dan 2 : Perjuangan pengembalian Irian Barat Melalui ekonomi.
F  Masing – masing kelompok berdiskusi, guru membimbing dan mengadakan penilaian .
F  Guru meminta kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok lain Menanggapi .

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi.
F  Memberikan refleksi dengan memberi tanggapan.
F  Memberikan tugas individu pada siswa untuk mengerjakan latihan soal yang sudah yang disiapkan guru.

2.   Pertemuan II
      Materi  :
-          Bentuk-bentuk perjuangan  melalui konfrontasi politik
-          Pelaksanaan Trikora

a. Pendahuluan            :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas
Motivasi           : Menunjukkan Peta Indonesia
Apersepsi dengan mengajukan pertanyaan :
-          Berikan penjelasan bahwa bangsa kita sebagai bangsa pemberani dan pejuang?
-          Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas
-          Guru meminta siswa memberi penjelasan tentang kata damai?

b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru meminta siswa secara berurutan untuk menuliskan kata kunci yang berkaitan dengan perjuangan bersenjata dalam pengembalian Irian Barat.
F  Siswa diminta memberi nomor atau kode dari  kata kunci yang berhubungan dengan kata TRIKORA, Operasi militer, Pertempuran Laut Aru, tokoh atau pemimpin 
F  Siswa diminta memberikan ulasan atau pejelasan tentang kata pokok di atas.
F  Siswa diminta untuk menyimpulkan tentang latar belakang perjuangan bersenjata, isi Trikora dan Operasi Mandala.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Kelas dibagi dalam 6 kelompok .
F  Guru memasang alat permainan kata dan mengacaknya .
F  Guru meminta kelompok 1,2,dan 3  untuk memasang kartu informasi pada
F  Peraga di papan tulis dalam waktu yang singkat, kelompok 4,5,dan 6 memberi
F   tanggapan hasil kerja kelompok sebelumnya.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik

3.   Pertemuan III
      Materi  :
- Persetujuan New York
- Pepera

a. Pendahuluan            :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas
Motivasi           : Menunjukkan Peta Indonesia
Apersepsi dengan mengajukan pertanyaan :
-   Berikan penjelasan bahwa bangsa kita suka damai?
-   Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas.

b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru meminta siswa secara berurutan untuk menuliskan pengembangan kata kunci damai dan demokrasi
F  Siswa diminta memberikan ulasan atau pejelasan tentang kata kunci di atas.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Kelas dibagi dalam 6 kelompok .
F  Guru memasang alat permainan kata dan mengacaknya .
F  Guru meminta kelompok 1, 2, dan 3 untuk memasang kartu informasi pada
peraga di papan tulis dalam waktu yang singkat
Kelompok 4,5,dan 6 memberi tanggapan hasil kerja kelompok sebelumnya

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik terstruktur maupun mandiri
F  Tiap kelompok untuk membuat kesimpulan tentang Pokok-pokok usulan Bunker, Perjanjian New York, dan Pepera.

E. Sumber Belajar;
1.                                                                  Khasanah ilmu pengetahuan sosial 3
2.                                                                  Buku-buku sejarah yang relevan.
3.                                                                  Peta Indonesia.

F. Penilaian Hasil Belajar:                
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·   Menguraikan latar belakang terjadinya perjuangan mengembalikan Irian Barat

·   Mengidentifikasi perjuangan diplomasi dalam upaya mengembalikan Irian Barat

·   Mengidentifikasi perjuangan dengan konfrontasi politik dan ekonomidalam upaya mengembalikan Irian Barat

·   Mengidentifikasi pelaksanaan Trikomando Rakyat (Trikora) Untuk merebut Irian Barat

·   Mendeskripsikan Persetujuan New York dan pengaruhnya terhadap penyelesaian masalah Irian Barat
·   Menjelaskan arti penting Penentuan pendapat rakyat (Pepera)

Tes tulis



Tes tulis



Tes tulis



Penugasan




Tes tulis



Tes tulis

Tes pilihan ganda


Tes Uraian



Tes Uraian



Tugas proyek



Tes Uraian



Tes Uraian
Latar belakang terjadinya perjuangan mengembalikan Irian Barat ialah....
a.       Belanda mendirikan ngara boneka Papua
b.      Belanda mengirimkan kapal induk di perairan Irian
c.       belum dilakukan jajak pendapat bagi rakyat Irian
d.      Belanda tidak menepati janji untuk menyelesaikan Irian

Sebutkan contoh- contoh perjuangan diplomasi dalam upaya menembalikan Irian Barat

Sebutkan Contoh- contoh perjuangan dengan konfrontasi politik dan ekonomi dalam upaya mengembalikan Irian Barat

Buatlah laporandari hasil  pengamatan gambar –gambar danpeta pelaksanaan Tri komando rakyat (Trikora)

Sebutkan isi persetujuan New York dan jelaskan pengaruhnya terhadap  penyelesaian masalah Irian Barat

Jelaskan arti penting Penentuan pendapat Rakyat (Pepera)
                       

Lembar Penilaian Proses (diskusi)
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai dan rentang nilai
Jumlah Skor
Nilai
1
2
3
4
1-5
1-5
1-5
1-5
1

2

dst
Daryono

Handoyo




3

4
5

4
3

5
4

4
15

17


           
Aspek diskusi yang dinilai :
Ø  Keaktifan dalam kelompok
Ø  Keberanian menyampaikan pendapat
Ø  Kebenaran dalam menjawab
Ø  Menghargai pendapat

                                                                                   
Mengetahui,
Kepala SMP 1 Doro,



USMAN, S.Pd
NIP. 19670724 198901 1 002

Doro, 14 Juli 2014
Guru Mapel  IPS,



KHAIRUL HUDA



































RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah             : SMP 1 Doro
Mata Pelajaran             :  Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester          : IX / II
Standar Kompetensi     : 6. Memahami usaha mempertahankan Republik Indonesia.                                       
Kompetensi Dasar       : 6.2. Mendeskripsikan peristiwa tragedi nasional peristiwa
                                         Madiun/PKI, DI/TII, G.30 S/PKI dan konflik-konflik internal
                                         lainnya.
Alokasi                        : 6  jam pelajaran ( 3 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran        :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
1.      Menjelaskan dampak persoalan hubungan pusat- daerah, persaingan ideologis, dan pergolakan sosial-politik  lainnya terhadap kehidupan politik nasional dan daerah sampai awal tahun 1960-an
2.      Menjelaskankan terjadinya peristiwa Madiun/ PKI dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya dan konflik-konflik internal lainnya
3.      Menjelaskankan terjadinya peristiwa DI/TII dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya
4.      Menjelaskan keadaan politik, ekonomi, sosial, dan budaya sebelum terjadinya peristiwa  G.30 S/PKI
5.      Menjelaskankan terjadinya perstiwa G 30S/PKI dan cara penumpasannya

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )

B. Materi Pembelajaran         :
1.      Dampak persoalan hubungan pusat daerah, persaingan ideologis, dan pergolakan sosial politik lainnya terhadap kehidupan politik nasional dan daerah sampai awal tahun 1960- an
2.      Peristiwa Madiun/PKI dan cara yang dilakukan pemerintah dalam penanggulangannya dan konflik-konflik internal lainnya
3.      Peristiwa DI/ TII dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya
4.      Keadaan politik, ekonomi, sosial, dan budaya sebelum terjadinya peristiwa G 30 S/PKI
5.      Peristiwa G 30 S/ PKI dan cara penanggulangannya

C. Metode Pengajaran           :
1.                              Ceramah bervariasi
2.                              Diskusi
3.                              Tanya Jawab
4.                              Penugasan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran           :
1.   Pertemuan I
      Materi  :
1.    Dampak persoalan hubungan pusat daerah, persaingan ideologis, dan pergolakan sosial politik lainnya terhadap kehidupan politik nasional dan daerah sampai awal tahun 1960- an
2.    Peristiwa Madiun/PKI dan cara yang dilakukan pemerintah dalam penanggulangannya dan konflik-konflik internal lainnya

a. Pendahuluan            :
Memeriksa kehadiran siswa, mengisi buku jurnal, kerapian dan ketertiban siswa
Motivasi           : Menunjukkan gambar/foto-foto peristiwa Madiun/ G-30S-PKI
Apersepsi         :
-          Guru memajang peta Indonesia dengan mengajukan berbagai pertanyaan tentang pemerintah pusat dan daerah.
-          Guru menanyakan : Apakah hubungan pusat – daerah pada masa awal kemerdekaan sudah berjalan dengan baik?

b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
F  Siswa diminta memperhatikan peta di depan, dan memperhatikan penjelasan guru tentang hubungan pemerintah pusat dan daerah, hingga menimbulkan terjadinya pemberontakan-pemberontakan di daerah.
F  Siswa mencari dan menyebutkan contoh-contoh pemberontakan yang pernah terjadi di Indonesia.
F  Siswa membaca teks dalam buku untuk menemukan sebab-sebab terjadinya pemberontakan PKI di Madiun.
F  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang proses pemberontakan PKI di Madiun. Dan cara penumpasannya, diselingi tanya jawab

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi,
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik

2.   Pertemuan II
      Materi  :
-          Peristiwa DI/ TII dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya
-          Keadaan politik, ekonomi, sosial, dan budaya sebelum terjadinya peristiwa G 30 S/PKI

a. Pendahuluan            :
Memeriksa kehadiran siswa, mengisi buku jurnal, kerapian dan ketertiban siswa.
Motivasi           : Menunjukkan gambar/foto-foto peristiwa Madiun/ G-30S-PKI
Apersepsi  :
-          Guru memajang peta Indonesia dengan mengajukan berbagai pertanyaan tentang peristiwa DI/TII
-          Guru menanyakan tentang keadaan politik, ekonomi, sosial, dan budaya sebelum terjadinya peristiwa G 30 S/PKI

b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
F  Siswa diminta memperhatikan peta di depan, dan memperhatikan penjelasan guru tentang peristiwa DI/TII
F  Siswa mencari dan menyebutkan tentang keadaan politik, ekonomi, sosial, dan budaya sebelum terjadinya peristiwa G 30 S/PKI

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi,
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik


3.   Pertemuan III
      Materi  :
-          Peristiwa G 30 S/ PKI dan cara penanggulangannya

a. Pendahuluan            :
Memeriksa kehadiran siswa, mengisi buku jurnal, kerapian dan ketertiban siswa.
Motivasi           : Menunjukkan gambar/foto-foto peristiwa Madiun/ G-30S-PKI
Apersepsi  :
-          Guru memajang peta Indonesia dengan mengajukan berbagai pertanyaan tentang Peristiwa G 30 S/ PKI

b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
F  Siswa diminta memperhatikan peta di depan, dan memperhatikan penjelasan guru tentang Peristiwa G 30 S/ PKI

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi,
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik

E. Sumber Belajar
1.                                                                  Buku IPS Yang relefan.
2.                                                                  Peta Indonesia
3.                                                                  Nara sumber
4.                                                                  Gambar-gambar pahlawan
5.                                                                  Foto-foto dokumen
6.                                                                  Guru

F. Penilaian Hasil Belajar      :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·   Mendeskripsikan terjadinya peristiwa Madiun/ PKI dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya.

·   Mendeskripsikan terjadinya peristiwa DI/TII dan cara yang dilakukan oleh pemerintah untuk penaggulangannya

·   Mengidentifikasi keadaan politik, ekonomi, sosial, dan budaya sebelum terjadinya peristiwaG.30 S/PKI





·   Mendeskripsikan terjadinya perstiwa G 30S/PKI dan cara penumpasannya
Tes tulis





Tes tulis






Wawancara









Tes tulis
Tes Uraian





Tes Uraian






Pedoman wawancara








Tes Uraian
Jelaskan terjadinya peristiwa Madiun /PKI dan jelaskan cara yang dilakukan pemerintah untuk menanggulanginya


Jelaskan terjadinya peristiwa DI/TII dan cara pemerintah dalam penanggulangannya




Lakukan wawancara kepada tokoh-tokoh atau anggota masyarakat yang mengalami keadaan politik, ekonomi, sosial, dan budaya sebelum terjadinya peristiwa G 30 s/PKI, kemudian buatlah kesimpulannya serta buatlah laporannya



Jelaskan terjadinya peristiwa G 30 S /PKI dan cara penanggulangannya

                                                                                   
Mengetahui,
Kepala SMP 1 Doro,



USMAN, S.Pd
NIP. 19670724 198901 1 002

Doro, 14 Juli 2014
Guru Mapel  IPS,



KHAIRUL HUDA













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah          : SMP 1 Doro
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester       : IX / 2    
Standar Kompetensi : 7. Memahami perubahan pemerintah dan kerjasama internasional
Kompetensi Dasar    : 7.1 Menjelaskan berakhirnya masa Orde Baru dan lahirnya Refomasi
Alokasi Waktu          : 4 x 40 menit (2x pertemuan)


A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Menyusun kronologi dan dan mendeskripsikan peristiwa–peristiwa politik penting pada masa Orde Baru
2. Menggunakan data statistik untuk menguraikan proses perkembangan ekonomi pada masa Orde Baru
3. Mendeskripsikan berakhirnya Orde Baru dan lahirnya Reformasi

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )

B. Materi Ajar
1. Peristiwa- peristiwa politik  penting pada masa Orde Baru
2. Data statistik ekonomi Orde Baru
3. Berakhirnya orde Baru, krisis ekonomi dan gerakan Reformasi

C. Metode Pengajaran :
a. Ceramah bervariasi        d. Tanya jawab
b. Diskusi                          e. Simulasi
c. Inquiri                            f. Observasi / Pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1
Materi :
1. Peristiwa- peristiwa politik penting pada masa Orde Baru
2. Data statistik ekonomi Orde Baru

Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Motivasi           : Menunjukkan data statistik ekonomi Orde Baru
Apersepsi         :
- Menanyakan tentang peristiwa-peristiwa politik penting pada masa Orde Baru
- Menunjukkan data statistik ekonomi Orde Baru


Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Membaca referensi dan mengamati gambar peristiwa-peristiwa politik  penting pada masa Orde Baru
F  Mendeskripsikan data statistik ekonomi Orde Baru

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik terstruktur maupun mandiri

Pertemuan 2
Materi : Berakhirnya orde Baru, krisis ekonomi dan gerakan Reformasi

Pendahuluan
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Motivasi           : Menunjukkan foto-foto/gambar hasil pembangunan masa Orba
Apersepsi         :
- Siapakah presiden RI yang ke-3?
- Bagaimanapun juga orde baru telah menunjukan hasil-hasil pembangunan nasional, sebutkan!

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru meminta siswa mengamati beberapa gambar/foto yang berkaitan dengan peristiwa-peristiwa yang melatarbelakangi runtuhnya orde baru.
F  Tanya jawab mengenai kondisi ekonomi pada masa akhir orde baru
F  Mengkaji referensi mengenai kondisi politik dan sosial pada masa akhir orde baru.
F  Mengkaji referensi untuk mengidentifikasi alasan lahirnya reformasi
F  Mendeskripsikan secara kronologis lahirnya reformasi
F  Guru menjelaskan pemerintahan saat reformasi.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik

E. Sumber Belajar
Buku Pembelajaran IPS terpadu






F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·   Menyusun kronologi dan dan Mendeskripsikan peristiwa–peristiwa politik penting pada masa Orde Baru









·   Menggunakan data statistik untuk menguraikan proses perkembangan ekonomi pada masa Orde Baru 






·   Mendeskripsikan berakhirnya Orde Baru dan lahirnya Reformasi

Tes tulis













Tes tulis










Tes tulis
Tes Lisan













Penugasan










Penugasan
1. Tokoh yang berperan dalam keluarnya Supersemar adalah...
2. Keberhasilan pembangunan di masa Orde baru terlihat pada pembangunan bidang......
3. Pada masa orde baru, secara de facto yang banyak memegang kedaulatan adalah......
4. Tokoh-tokoh reformasi antara lain adalah.......
5. Persetujuan Jakarta untuk mengakhiri konfrontasi Indonesia – Malaysia ditandatangani pada tanggal......

1.Buatlah perbandingan pelaksanaan pemilu 1955 dan 1971. Uraikan perbandingannya mengenai jumlah konstestan, sistem pemilu, asas pemilu, sistem kepartaian. Berikan pendapatmu bahwa pemilu berperan dalam menciptakan kehidupan politis yang demokratis.

Buat tulisan yang menceritakan penyebab runtuhnya Orde Baru dan lahirnya Reformasi



                                                                                   
Mengetahui,
Kepala SMP 1 Doro,



USMAN, S.Pd
NIP. 19670724 198901 1 002

Doro, 14 Juli 2014
Guru Mapel  IPS,



KHAIRUL HUDA




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah          : SMP 1 Doro
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester       : IX / 2
Standar Kompetensi : Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional
Kompetensi Dasar    : 7.2 Menguraikan perkembangan lembaga internasional dan peran Indonesia dalam kerjasama internasional
Alokasi Waktu          : 4 x 40 menit (2x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran :
  Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1.    Menjelaskan secara kronologis Konferensi Asia Afrika dan mendeskripsikan peran Indonesia
2.    Menjelaskan perkembangan ASEAN dan peran Indonesia
3.    Menjelaskan perkembangan keanggotaan dan aktivitas Perserikatan Bangsa-Bangsa dan peran Indonesia
4.    Menjelaskan perkembangan Gerakan Non Blok dan peran Indonesia

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )

B. Materi Ajar
Perkembangan bentuk-bentuk kerjasama dan peran Indonesia di dunia Internasional
a.       Konferensi Asia Afrika dan  peran Indonesia
b.      Perkembangan ASEAN dan peran Indonesia
c.       Perkembangan keanggotaan dan aktivitas Perserikatan Bangsa-Bangsa dan peran Indonesia
d.      Gerakan Non Blok dan peran Indonesia

C. Metode Pengajaran :
a. Ceramah bervariasi                       d. Tanya jawab
b. Diskusi                             e. Simulasi
c. Inquiri                               f. Observasi / Pengamatan

D.Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1
Materi :
a.         Konferensi Asia Afrika dan  peran Indonesia
b.         Perkembangan ASEAN dan peran Indonesia

Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Motivasi           : Menunjukkan Peta ASEAN
Apersepsi         :
Indonesia turut memprakarsai lahirnya ASEAN, Gerakan Non Blok, Konferensi Asia Afrika. Di mana dilaksanakan konferensi Asia-Afrika?

Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengkaji referensi mengenai latar belakang diadakannya KAA
F  Tanya jawab tentang pertemuan-pertemuan pendahulu KAA
F  Mengakaji referensi untuk mengidentifikasi pelaksanaan KAA
F  Menyebutkan pengaruh dan akibat KAA
F  Tanya jawab yang berkaitan dengan KAA II, meliputi: waktu dan tempat penyelenggaraan; peserta; hasil-hasil KAA II
F  Melalui buku sumber, siswa dapat mendeskripsikan mengenai latar belakang berdirinya ASEAN, terbentuknya ASEAN, keanggotaan ASEAN, tujuan dan kegiatan ASEAN

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik

Pertemuan2
Materi :
a. Perserikatan Bangsa-bangsa dan peran Indonesia
b. Gerakan nonblok

Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Motivasi           : Menunjukkan foto/gambar markas PBB
Apersepsi         :
• Apa yang dimaksud dengan PBB?
• Badan-badan apa saja yang dimiliki PBB?

Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Tanya jawab tentang Perserikatan bangsa-bangsa
F  Mengamati gambar dan dan tanya jawab mengenai keanggotaan Indonesia dalam PBB.
F  Mengkaji referensi dan diskusi mengenai latar belakang munculnya gerakan Non Blok
F  Tanya jawab yang berkaitan dengan tujuan GNB
F  Mengkaji referensi untuk mengidentifikasi pelaksanaan KTT- GNB

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik terstruktur maupun mandiri

E. Sumber Belajar
_ Gambar-gambar /foto sejarah
_ Buku Pembelajaran IPS terpadu

F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·   Menguraikan secara kronologis Konferensi Asia Afrika dan Mendeskripsikan peran Indonesia

·   Mendeskripsikan perkembangan ASEAN dan peran Indonesia



·   Mendeskripsikan perkembangan keanggotaan dan aktivitas Perserikatan Bangsa-Bangsa dan peran Indonesia

·   Mendeskripsikan perkembangan Gerakan Non Blok dan peran Indonesia





Tes tulis





Tes unjuk kerja




Tes tulis





Tes tulis
Tes Uraian





Uji petik kerja produk



Tes Uraian





Tes isian
Jelaskan secara kronologis Konferensi Asia Afrika dan peran Indonesia.



Buatlah rangkuman tentang perkembangan ASEAN secara kronologis dan peran Indonesia dari hasil membaca referensi dan media elektronik

Jelaskan bantuan Perserikatan Bangsa- Bangsa terhadap Indonesia dan peran Indonesia dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa


Isilah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas
1.Gerakan Non Blok tidak memihak blok–blok yang saling bertentangan yaitu ..........dan..........
2 Salah satu peranan Indonesia dalam Gerakan Non Blok di antaranya sebagai..........




                                                                                   
Mengetahui,
Kepala SMP 1 Doro,



USMAN, S.Pd
NIP. 19670724 198901 1 002

Doro, 14 Juli 2014
Guru Mapel  IPS,



KHAIRUL HUDA




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah          : SMP 1 Doro
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester       : IX / 2
Standar Kompetensi : 7.   Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional
Kompetensi Dasar    : 7.3 Menguraikan perilaku masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era global
Alokasi Waktu          : 4 x 40 menit (2x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1.    Menyebutkan ciri-ciri globalisasi
2.    Menjelaskan dampak globalisi terhadap masyarakat
3.    Menceritakan perilaku masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era global

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )

B. Materi Ajar
a. Ciri-ciri globalisasi
b. Dampak globalisi terhadap masyarakat
c. Perilaku masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era global

C. Metode Pengajaran :
a. Ceramah bervariasi        d. Tanya jawab
b. Diskusi                          e. Simulasi
c. Inquiri                            f. Observasi / Pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1
Materi :
a. Ciri-ciri globalisasi
b. Dampak globalisasi terhadap masyarakat

Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Motivasi           : Menunjukkan foto/gambar kegiatan gotong-toyong di masyarakat
Apersepsi         :
-          Coba amati dan perhatikan kehidupan masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu!
masih adakah kehidupan gotong royong?

Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip wawasan wiyata mandala dan belajar dari aneka sumber;
F  dengan tanya jawab menyebutkan contoh-contoh respon masyarakat terhadap terjadinya perubahan sosial budaya
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Guru memandu siswa untuk melakukan diskusi kelompok
F  Satu kelompok terdiri dari 5 orang
F  Masing-masing kelompok mendiskusikan:
a. ciri-ciri globalisasi
b. Dampak globalisi terhadap masyarakat
F  Mempresentasikan hasil diskusi
F  guru menilai tiap-tiap kelompok dalam presentasi

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik terstruktur maupun mandiri

Pertemuan I1
Materi :
-          Perilaku masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era global

Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Motivasi           : Menunjukkan gambar/foto kegiatan sosial di masyarakat
Apersepsi         :
Coba amati perilaku masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era global!




Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip wawasan wiyata mandala dan belajar dari aneka sumber;
F  dengan tanya jawab menyebutkan contoh-contoh respon masyarakat terhadap terjadinya perubahan sosial budaya
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Guru memandu siswa untuk melakukan diskusi kelompok
F  Satu kelompok terdiri dari 5 orang
F  Masing-masing kelompok mendiskusikan:
-          Perilaku masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era global
F  Mempresentasikan hasil diskusi
F  guru menilai tiap-tiap kelompok dalam presentasi

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik terstruktur maupun mandiri

E. Sumber Belajar
- Pembelajaran IPS terpadu
- Koran
- Majalah
- Radio
- Televisi



F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·   Mengidentifikasi ciri-ciri globalisasi.

·   Mendeskripsikan dampak globalisi terhadap masyarakat.

·   Menguraikan perilaku masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era global.

Tes tulis


Tes tulis



Tes tulis.
Tes Uraian


Tes Uraian



Tes Uraian
Sebutkan ciri-ciri globalisasi!


Jelaskan dampak globalisasi terhadap masyarakat.


Jelaskan perilaku yang perlu dikembangkan oleh masyarakat dalam era globalisasi!

                                                                                   
Mengetahui,
Kepala SMP 1 Doro,



USMAN, S.Pd
NIP. 19670724 198901 1 002

Doro, 14 Juli 2014
Guru Mapel  IPS,



KHAIRUL HUDA




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah          : SMP 1 Doro
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester       : IX / 2
Standar Kompetensi : Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional
Kompetensi Dasar    : 7.4 Mendeskripsikan kerjasama antarnegara di bidang ekonomi
Alokasi Waktu          : 4 x 40 menit (2x pertemuan)


A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1.    Menjelaskan arti kerjasama ekonomi antarnegara
2.    Menyebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya kerjasama ekonomi antarnegara
3.    Menjelaskan tujuan kerjasama ekonomi antarnegara
4.    Menyebutkan hambatan-hambatan dalam kerjasama ekonomi antarnegara
5.    Menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama antarnegara
6.    Menyebutkan badan-badan kerja sama ekonomi yang bersifat regional maupun multilateral  yang penting bagi Indonesia

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )

B. Materi Ajar
Kerjasama Ekonomi Internasional
a.    Pengertian kerjasama ekonomi internasional
b.    Faktor-faktor penyebab terjadinya kerjasama ekonomi antarnegara
c.    Tujuan kerjasama ekonomi antarnegara
d.    Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam kegiatan ekonomi internasional
e.    Bentuk-bentuk kerja sama antarnegara
f.     Badan-badan kerja sama ekonomi yang bersifat regional maupun multilateral  yang penting bagi Indonesia

C. Metode Pengajaran :
a. Ceramah bervariasi        d. Tanya jawab
b. Diskusi                          e. Simulasi
c. Inquiri                            f. Observasi / Pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1
Materi :
a.    Pengertian kerjasama ekonomi internasional
b.    Faktor-faktor penyebab terjadinya kerjasama ekonomi antarnegara
c.    Tujuan kerjasama ekonomi antarnegara


Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Motivasi     : Menunjukkan gambar/foto kegiatan sosial di masyarakat
Apersepsi   :
Negara satu dengan negara yang lainnya saling membutuhkan, mengapa?

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip wawasan wiyata mandala dan belajar dari aneka sumber;
F  dengan tanya jawab mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan masing-masing negara yang berbeda-beda
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Guru memandu pembagian kelompok
F  setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang
F  setiap kelompok diberi materi mengenai:
a. pengertian kerjasama ekonomi internasional
b. Faktor-faktor penyebab terjadinya kerjasama ekonomi antarnegara
c. Tujuan kerjasama ekonomi antarnegara
F  setelah selesai berdiskusi, masing-masing kelompok mempresentasikan
F  Guru menilai presentasi tiap-tiap kelompok

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik



Pertemuan 2
Materi :
a.              Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam kegiatan ekonomi internasional
b.        Bentuk-bentuk kerja sama antarnegara
c.              Badan-badan kerja sama ekonomi yang bersifat regional maupun multilateral  yang penting bagi Indonesia

Pendahuluan
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Motivasi           : Menunjukkan gambar/foto kegiatan sosial di masyarakat
Apersepsi         :
Apa saja hambatan kerja sama ekonomi internasional?
Bentuk-bentuk kerja sama ekonomi internasional berupa apa saja?

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip wawasan wiyata mandala dan belajar dari aneka sumber;
F  dengan tanya jawab menyebutkan hambatan kerja sama ekonomi internasional, bentuk-bentuk kerja sama ekonomi internasional serta badan-badan kerja sama ekonomi yang bersifat regional maupun multilateral  yang penting bagi Indonesia
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Guru memandu pembagian kelompok
F  setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang
F  setiap kelompok diberi materi mengenai:
a. hambatan kerja sama ekonomi internasional
b. bentuk-bentuk kerja sama ekonomi internasional
c. badan-badan kerja sama ekonomi yang bersifat regional maupun multilateral  yang penting bagi Indonesia
F  setelah selesai berdiskusi, masing-masing kelompok mempresentasikan
F  Guru menilai presentasi tiap-tiap kelompok

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik

E. Sumber Belajar
• Buku IPS terpadu
• mata uang asing
• Koran dan majalah
• Daftar oganisasi kerjasama ekonomi antarnegara

F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·   Mendefinisikan pengertian kerja sama ekonomi antarnegara.
·   Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya kerjasama ekonomi antarnegara.
·   Mendeskripsikan  tujuan kerjasama ekonomi antarnegara
·   Mengidentifikasi hambatan-hambatan dalam kerjasama ekonomi antarnegara.
·   Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerja sama antarnegara
·   Mengidentifikasi badan-badan kerja sama ekonomi yang bersifat regional maupun multilateral  yang penting bagi Indonesia.
·   Mengidentifikasi badan-badan kerjasama ekonomi regional dan multilateral.
·   Mendeskripsikan dampak kerjasama ekonomi antar negara terhadap perekonomian Indonesia.


Tes tulis


Tes tulis



Tes Lisan


Tes tulis


Tes tulis


Tes tulis




Tes tulis


Penugasan


Tes Uraian


Tes uraian



Daftar Pertanyaan

Tes uraian


Tes uraian


Tes uraian




Tes Uraian


Tugas rumah


Jelaskan pengertian kerjasama ekonomi antarnegara

Sebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya kerjasama ekonomi antarnegara.

Sebutkan tujuan kerjasama ekonomi antarnegara

Sebutkan  hambatan-hambatan kerjasama ekonomi antarnegara

Sebutkan bentuk-bentuk kerja sama antar negara dan contohnya masing-masing.

Sebutkan beberapa badan/ organisasi kerjasama antarnegara yang bersifat regional  maupun yang multilateral

Sebutkan badan-badan kerjasama ekonomi yang bersifat regional


Apakah dampak kerjasama ekonomi antarnegara bagi perekonomian Indonesia ?


                                                                                   
Mengetahui,
Kepala SMP 1 Doro,



USMAN, S.Pd
NIP. 19670724 198901 1 002

Doro, 14 Juli 2014
Guru Mapel  IPS,



KHAIRUL HUDA






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah          : SMP 1 Doro
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester       : IX / 2
Standar Kompetensi : Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional
Kompetensi Dasar       : 7.5 Mengidentifikasi dampak kerjasama antarnegara terhadap perekonomian Indonesia
Alokasi Waktu          : 2 x 40 menit (1x pertemuan)


A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1.    Menyebutkan badan-badan kerjasama ekonomi regional dan multilateral
2.    Menjelaskan dampak kerjasama ekonomi antarnegara terhadap perekonomian Indonesia

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )

B. Materi Ajar
1.  Badan-badan kerja sama ekonomi yang bersifat regional maupun multilateral
2.  Dampak kerjasama antarnegara terhadap perekonomian Indonesia

C. Metode Pengajaran :
a. Ceramah bervariasi        d. Tanya jawab
b. Diskusi                          e. Simulasi
c. Inquiri                            f. Observasi / Pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan

Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Motivasi     : Menunjukkan foto/gambar kegiatan ekonomi di Indonesia
Apersepsi   :
Sebutkan badan-badan kerjasama ekonomi regional dan multilateral!
Apa dampak kerjasama antarnegara terhadap perekonomian Indonesia?

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip wawasan wiyata mandala dan belajar dari aneka sumber;
F  dengan tanya jawab mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan masing-masing negara yang berbeda-beda
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Guru memandu pembagian kelompok
F  setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang
F  setiap kelompok diberi materi mengenai:
a. Badan-badan kerjasama ekonomi regional dan multilateral
b. Dampak kerjasama antarnegara terhadap perekonomian Indonesia
F  setelah selesai berdiskusi, masing-masing kelompok mempresentasikan
F  Guru menilai presentasi tiap-tiap kelompok

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik

E. Sumber Belajar
• Buku IPS terpadu
• mata uang asing
• Koran dan majalah
• Daftar oganisasi kerjasama ekonomi antarnegara













F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·   Mengidentifikasi badan-badan kerjasama ekonomi regional dan multilateral.
·   Mendeskripsikan dampak kerjasama ekonomi antar negara terhadap perekonomian Indonesia.

Tes tulis


Penugasan


Tes Uraian

Tugas rumah

Sebutkan badan-badan kerjasama ekonomi yang bersifat regional

Apakah dampak kerjasama ekonomi antarnegara bagi perekonomian Indonesia ?


                                                                                   

Mengetahui,
Kepala SMP 1 Doro,



USMAN, S.Pd
NIP. 19670724 198901 1 002

Doro, 14 Juli 2014
Guru Mapel  IPS,



KHAIRUL HUDA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar