RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP 1 Doro
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IX /
2 (dua)
Standar Kompetensi : 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi.
Kompetensi
Dasar :
5.1. Menginterpretasikan peta tentang pola dan bentuk-bentuk
muka
bumi.
Alokasi
waktu : 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan
)
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi
siswa diharapkan mampu :
- Menganalisis bentuk-bentuk muka bumi pada peta beserta nama-namanya.
- Membuat diagram/penampang melintang bentuk muka bumi daratan dan dasar
laut.
- Mendeskripsikan pola dan
bentuk objek geografis sesuai dengan bentang alam
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pembelajaran :
1.
Bentuk-bentuk muka bumi pada peta.
2.
Diagram Bentuk muka bumi daratan dan
dasar laut.
3.
Teknik/Cara penggambaran bentuk muka
bumi pada peta.
C. Metode Pengajaran :
1.
Ceramah
bervariasi
2.
Diskusi
3.
Inquiry
4.
Tanya Jawab
5.
Simulasi
6.
Pengamatan (
observasi )
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
Materi : - Bentuk-bentuk muka bumi
pada peta.
a. Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
Motivasi : Menunjukkan gambar/foto permukaan bumi
Apersepsi :
-
Mengapa permukaan
bumi tidak rata?
-
Pernahkah kalian
pergi ke pantai atau ke gunung? Sebutkan apa saja yang kamu
lihat?
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru meminta
siswa untuk memperhatikan peta.
F
Siswa menyebutkan
relief yang ada pada peta.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
menyimpulkan kegiatan guru.
F
Guru memberikan
pertanyaan pada siswa dengan berdiskusi interaktif.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Membuat
kesimpulan.
F
Melakukan tes
yang berhubungan dengan materi.
F
Memberi tugas
individu agar siswa menyebutkan contoh relief daratan dan dasar laut lewat gambar majalah atau Koran.
2. Pertemuan II
Materi : - Diagram bentuk
muka bumi daratan dan dasar laut.
a. Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
Motivasi : Menunjukkan gambar/foto permukaan bumi
Apersepsi :
-
Berilah contoh
relief permukaan bumi dan dasar laut?.
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru meminta
siswa untuk memperhatikan gambar-gambar bentuk permukaan bumi daratan dan dasar
laut.
F
Siswa menjelaskan
perbedaan daratan dan dasar laut.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Secara bergantian
siswa maju ke depan untuk menunjukkan contoh relief daratan dan dasar laut.
F
Secara kelompok
siswa membuat kesimpulan tentang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan tes
yang berhubungan dengan materi di atas.
F
Memberi tugas
individu di LKS.
3. Pertemuan
III
Materi :
- Pola dan
bentuk objek geografis.
a. Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
Motivasi : Menunjukkan gambar/foto objek geografis
Apersepsi :
-
Berilah contoh Pola
dan bentuk objek geografis?.
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F
Guru meminta
siswa untuk memperhatikan gambar-gambar pola dan bentuk
objek
geografis
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Secara bergantian
siswa maju ke depan untuk menunjukkan contoh pola dan bentuk objek geografis
F
Secara kelompok
siswa membuat kesimpulan tentang pola dan bentuk objek geografis
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan tes
yang berhubungan dengan materi di atas.
F
Memberi tugas
individu di LKS.
E. Sumber Belajar:
1.
Buku
-
Buku IPS kelas IX
-
Buku paket
Geografi kelas IX
-
Buku IPS kelas IX
penerbit umum
2.
Guru
3.
OHP
4.
Gambar-gambar
5.
CD
6.
Peta Kontur
F. Penilaian Hasil Belajar:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü
Menganalisis bentuk-bentuk muka bumi pada peta.
Ü
Membuat diagram/ penampang melintang
bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
Ü
Mendeskripsikan pola dan bentuk obyek
geografis sesuai dengan bentang alam.
|
Tes harian
Tes unjuk kerja
Tugas
|
Tes Uraian
Produk
Tugas rumah
|
Ü Jelaskan empat dari
bentuk muka bumi daratan.
·
Ü Buatlah penampang
bentuk muka bumi daratan dan dasar
laut!
Ü Amatilah peta bentuk
muka bumi Pulau Kalimantan. Jelaskan pola dataran rendah dan pegunungan di
pulau tersebut!
|
a. Pilihan ganda
1)
Berikut ini
bentuk-bentuk muka bumi daratan, kecuali…….
a.
Bukit c. Palung
b.
Danau d. gunung
![]() |
|
2)
|
|
|
Pada gambar
di atas, lembah ditunjukkan pada angka…….
a.
1 c. 3
b.
|
2 d. 4
![]() |
|
3)
|
|
Pada gambar di atas, palung ditunjukkan pada angka…….
c.
4 c. 2
d.
3 d. 1
4. Lembar penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang di nilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1-5
|
1-5
|
1-5
|
1-5
|
||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan aspek yang dinilai.
Ø Komentar. 5
Ø Isi sesuai dengan materi. 5
Ø Jumlah (banyak
sedikitnya) 5
Ø Kerapian 5 +

Jumlah skor maksmum
Nilai = skor perolehan : 2
Mengetahui,
Kepala SMP 1
Doro,
USMAN, S.Pd
NIP. 19670724
198901 1 002
|
|
Doro, 14 Juli 2014
Guru Mapel IPS,
KHAIRUL HUDA
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMP 1 Doro
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IX / II
Standar Kompetensi :
5. Memahami hubungan manusia dengan
bumi.
Kompetensi Dasar : 5.2. Mendeskripsikan keterkaitan unsur-unsur
geografis dan penduduk di kawasan Asia Tenggara
Alokasi :
4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
1.
Menunjukkan letak geografis kawasan Asia Tenggara.
2.
Menginterpretasikan peta untuk mendapatkan informasi
bentang alam di kawasan Asia Tenggara.
3.
Mendeskripsikan keadaan iklim di kawasan Asia Tenggara.
4.
Mendeskripsikan Sumber daya alam di kawasan Asia
Tenggara.
5.
Menyajikan
informasi data kependudukan ( jumlah, persebaran, suku bangsa) dan mata
pencaharian di kawasan Asia Tenggara.
6.
Memberikan contoh barang-barang perdagangan antarnegara
di kawasan Asia Tenggara.
7.
Memberikan contoh bentuk kerjasama Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pembelajaran:
1. Unsur-unsur fisik dan sosial kawasan Asia Tenggara.
2.
Bentang alam di kawasan Asia Tenggara.
3.
Iklim di kawasan Asia Tenggara.
4.
Sumber daya alam di kawasan Asia Tenggara.
5.
Penduduk di kawasan Asia Tenggara.
6. Kegiatan ekonomi penduduk di kawasan Asia Tenggara.
7.
Kerjasama Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia
Tenggara.
C. Metode Pengajaran :
1.
Ceramah
bervariasi
2.
Diskusi
3.
Tanya Jawab
4.
Simulasi
5.
Pengamatan (
observasi )
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
Materi : - Unsur-unsur fisik dan sosial kawawan Asia
Tenggara.
- Bentang alam kawasan Asia Tenggara.
- Iklim di kawasan di Asia Tenggara
a. Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
Motivasi :
Menunjukkan peta Asia Tenggara
Apersepsi :
-
Di negara manakah tempat tinggal kita?
-
Sebutkan iklim di
Indonesia ?
b. Kegiatan
Inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru menyajikan
peta Asia Tenggara.
F
Guru memberi
informasi unsur fisik dn sosial dan bentang alam di kawasan Asia Tenggara.
F Guru memberi informasi tentang iklim di kawasan Asia
Tenggara.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Membentuk 4
kelompok diskusi.
F
Siswa
mempresentasikan hasil diskusi.
F
Siswa
mengumpulkan hasil diskusi.
F
Guru
menyimpulkan.
F
Siswa menulis
hasil kesimpulan dari guru.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas terstruktur dan mandiri
3. Pertemuan II
Materi :
- SDA di kawasan Asia
Tenggara.
-
Kependudukan di kawasan Asia Tenggara.
-
Kegiatan ekonomi penduduk dan kerjasama Indonesia dengan
negara-negara di kawasan Asia Tenggara
a. Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
Motivasi : Menunjukkan peta Asia
Tenggara
Apersepsi :
-
Apakah negara-negara di kawasan Asia Tenggara juga
mempunyai tembang minyak?
-
Kegiatan ekonomi
/ mata pencaharian utama di kawasan Asia Tenggara
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru menyajikan
peta Asia Tenggara.
F
Guru memberi
informasi SDA & kependudukan di kawasan Asia Tenggara.
F
Dengan peta siswa
menunjukkan persebaran SDA negara di kawasan Asia Tenggara.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Dengan tanya
jawab siswa dapat menjelaskan kependudukan negara di
kawasan Asia Tenggara.
F
Guru menyimpulkan
materi SDA & kependudukan di kawasan Asia Tenggara.
F
Siswa menulis
hasil kesimpulan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik terstruktur maupun mandiri
E. Sumber Belajar;
1.
Buku
-
Buku IPS kelas IX
-
Buku IPS kelas IX penerbit Yudhistira
2.
Guru
3.
OHP
4.
Peta
5.
Gambar-gambar
F. Penilaian Hasil Belajar:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü
Menunjukkan letak geografis kawasan
Asia Tenggara.
Ü
Menginterpretasi peta untuk
mendapatkan informasi bentang alam kawasan Asia Tenggara.
Ü
Mendeskripsikan keadaan iklim di
kawasan Asia Tenggara.
Ü
Mendeskripsikan sumber daya alam di
kawasan Asia Tenggara.
Ü
Penyajikan informasi data kependudukan
(jumlah, persebaran, suku bangsa), dan mata pencaharian di kawasan Asia
Tenggara.
Ü
Memberikan contoh barang-barang
perdagangan antar negara di kawasan Asia Tenggara.
Ü
Memberikan contoh bentuk kerjasama
Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.
|
.Tes tulis
Tes unjuk kerja
Tes tulis
Tes tulis
Tes lisan
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes Uraian
Produk
Tes Uraian
Tes Uraian
Daftar pertanyaan
Tes Uraian
Tes Uraian
|
Jelaskan letak geografis kawasan Asia Tenggara!
Buatlah peta kawasan Asia Tenggara. Cantumkan pada peta tersebut
obyek-obyek:
-
Laut-laut
-
Sungai-sungai
-
Pegunungan/gunung
Berdasarkan letak lintangnya beriklim apakah Asia Tenggara?
Sebutkan bahan tambang dari negara Indonesia dan Malaysia.
Sebutkan negara-negara di Asia Tenggara yang dihuni oleh Ras Mongoloid
Melayu.
Sebutkan empat komoditas utama dari Negara Thailand
Berikan empat kerjasama Indonesia dengan Malaysia bidang kebudayaan!
|
Mengetahui,
Kepala SMP 1
Doro,
USMAN, S.Pd
NIP. 19670724
198901 1 002
|
|
Doro, 14 Juli 2014
Guru Mapel IPS,
KHAIRUL HUDA
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
SMP 1 Doro
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester :
IX / II
Standar Kompetensi :
5. Memahami hubungan manusia dengan bumi.
Kompetensi Dasar :
5.3.Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas
benua dan samudra.
Alokasi :
4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
1. Menunjukkan letak/posisi benua-benua dan
samudera-samudera di muka bumi pada peta.
2. Menjelaskan batas-batas wilayah geografis tiap-tiap
benua dengan bantuan peta dunia.
3. Menyebutkan sedikitnya 4 karakteristik tiap-tiap benua
di muka bumi.
4. Menyebutkan sedikitnya 3 karakteristik tiap-tiap
samudera di muka bumi.
5.
Menjelaskan pembagian kawasan benua-benua di muka bumi
selain benua Ausralia dan Antartika.
6.
Menyebutkan sedikitnya 2 contoh negara-negara di
tiap-tiap kawasan benua.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pembelajaran:
1. Letak/posisi benua-benua dan samudera
a. Letak astronomis
b. Letak geografis
2. Batas wilayah benua-benua dan samudera
3. Karakteristik benua-benua
4. Karakteristik samudera-samudera
5. Pembagian kawasan benua-benua
6.
Contoh negara-negara di berbagai kawasan benua
C. Metode Pengajaran:
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Tanya Jawab
4.
Pengamatan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Pertemuan I
a. Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas
Motivasi : Menunjukkan Peta Dunia
Apersepsi:
- guru memberikan pengantar bahwa bumi
dibagi ke dalam beberapa bagian: daratan, perairan, dan udara; dilengkapi
dengan contoh-contohnya.
- berapa jumlah benua dan samudera di bumi ?
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip wawasan wiyata mandala dan
belajar dari aneka sumber;
F
dengan tanya
jawab menyebutkan contoh-contoh terjadinya perubahan sosial.
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Membagi siswa ke
dalam 8 kelompok.
F
Setiap kelompok
membuka/menyiapkan atlas dunia dan buku sumber (atlas dan buku sumber bisa
disiapkan oleh guru)
F
Setiap kelompok
mengkaji atlas dan buku sumber dengan bantuan Lembar Kerja untuk memperoleh
kompetensi mengenai posisi-posisi benua-benua dan samudera, dan batas-batas
wilayah geografis setiap benua dan samudera (Lembar Kerja terlampir)
F
Siswa meminta dua
kelompok secara bergantian untuk menyajikan hasil kerja kelompoknya di hadapan
kelompok-kelompok lain. Kelompok lain memberikan tanggapan.
F
Kelas dibagi ke
dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 siswa (Kelompok
Kooperatif)
F
Guru membagi
tugas, dimana setiap siswa dalam kelompok memperoleh tugas yang saling berbeda.
Pembagian tugas sebagai berikut:
Ø Siswa pertama : mengidentifikasi
karakteristik Benua Asia dan Eropa
Ø Siswa kedua : mengidentifikasi karakteristik Benua Afrika dan Amerika
Ø Siswa ketiga : mengidentifikasi karakteristik Benua
Australia, Samudera Pasifik, dan Hindia
Ø Siswa keempat : mengidentifikasi karakteristik
Samudera Pasifik dan Atlantik
F
Siswa-siswa di
berbagai kelompok yang memperoleh tugas yanag sama berhimpun menjadi satu
(Kelompok Ahli)
F Kelompok ahli melakukan kajian buku sumber untuk
memperdalam bidang tugasnya masing-masing.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
membuat
kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi.
F
Guru menyampaikan
informasi kepada siswa bahwa tugas disuksi belum selesai, dan akan dilanjutkan
pada pertemuan yang akan datang
F
melakukan
penilaian
2. Pertemuan II.
a. Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran
siswa, kebersihan dan kerapian kelas
Motivasi : Menunjukkan Peta Dunia
Apersepsi :
Guru menyampaikan kepada
siswa bahwa hari ini akan melanjutkan diskusi pada minggu yang lalu (karena
belum selesai)
Bagaimanakah
urutan benua-benua di bumi mulai dariyang terbesar ?
b.
Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip wawasan wiyata mandala dan
belajar dari aneka sumber;
F
dengan tanya
jawab menyebutkan contoh-contoh terjadinya perubahan sosial.
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Setelah
menyelesaikan diskusinya di kelompok ahli, semua siswa kembali ke kelompok
kooperatif.
F
Di kelompok
kooperatif siswa menyampaikan hasil kerjanya di kelompok ahli kepada
teman-teman yang tergabung pada kelompok kooperatif. Kegiatan ini dilakukan
secara bergantian.
1.
Siswa dibagi menjadi 8 kelompok.
2. Melalui bantuan lembar
kerja, setiap kelompok melakukan pembagian kawasan di setiap benua dan
dilengkapi contoh negara-negara di dalamnya. Kegiatan ini dilakukan dengan
bantuan buku-buku sumber dan atlas dunia. Adapun pembagian tugasnnya sebagai
berikut:
F
Kelompok I dan V : Benua Asia
F
Kelompok II dan
VI : benua Afrika
F
Kelompok III dan
VII : Benua Eropa
F
Kelompok IV dan
VIII : benua Amerika
Guru meminta 4 kelompok yang mewakili
Asia, Eropa, Afrika, dan Amerika untuk menyajikan hasil kerja kelompoknya. Kelompok lain memberikan tanggapan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik terstruktur maupun mandiri
E. Sumber Belajar
1.
Buku IPS kelas IX,
2.
Atlas Dunia
3.
Peta Dunia/Peta Eropa/Peta Asia/Peta Afrika/Peta Amerika
4.
Buku pelatihan
terintegrasi berbasis kompetensi
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü
Mendeskripsikan proses pembentukan
benua.
Ü
Menginterpretasi peta dunia dan atau
globe untuk mendapatkan informasi
tentang posisi benua-benua dan samudera.
Ü
Mendeskripsikan karakteristik
masing-masing benua.
Ü
Memberi contoh negara-negara di
masing-masing kawasan benua.
Ü
Menginterpretasi peta dunia untuk
mendapatkan informasi tetang karakteristik masing-masing samudera.
|
· Tes
ter
· tulis
·
·
· Tes
unjuk kerja
· Tes
tulis
·
·
·
·
·
·
· Tes
tulis.
·
· Tes unjukkerja
·
|
· Tes
Uraian
·
·
·
· Tes
identifikasi
· Pilihan
ganda
·
·
· Tes
Uraian.
· Tes
petik kerja produk
·
|
·
Sebutkan bukti-bukti bahwa antara benua Afrika dan benua
Amerika pernah menyatu!
·
Tunjukkan lima benua di dunia pada peta !
·
Ciri-ciri bentang alam Asia Selatan antara lain ....
a.
daerah Pegunungan Tinggi
b.daerah gurun yang luas
c.
didominasi dataran rendah
d.lembah sungai dan
dataran rendah
§
§ Sebutkan masing-masing
dua jenis tumbuhan dan hewan yang hidup di Samudera Arktik !
§ Buatlah peta persebaran
benua dan samudera di dunia pada kertas HVS.
|
Mengetahui,
Kepala SMP 1
Doro,
USMAN, S.Pd
NIP. 19670724
198901 1 002
|
|
Doro, 14 Juli 2014
Guru Mapel IPS,
KHAIRUL HUDA
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah : SMP 1 Doro
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial
Kelas
/ Semester : IX / II
Standar Kompetensi :
6. Memahami usaha mempertahankan Republik Indonesia.
Kompetensi Dasar :
6.1. Mendeskripsikan
perjuangan bangsa Indonesia merebut
Iran
Barat.
Alokasi
: 6 jam pelajaran (
3 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
- Menjelaskan latar belakang terjadinya perjuangan mengembalikan Irian
Barat.
- Mengidentifikasi
perjuangan diplomasi dan ekonomi dalam upaya mengembalikan Irian Barat.
- Mengidentifikasi perjuangan dengan konfrontasi politik dalam upaya mengembalikan
Irian Barat.
- Mengidentifikasi pelaksanaan Trikomando rakyat (Trikora) untuk merebut
Irian Barat.
- Mendeskripsikan persetujuan New York dan pengaruhnya terhadap
penyelesaian masalah Irian Barat.
- Menjelaskan arti
penting penentuan pendapat rakyat (Pepera) Irian Barat.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pembelajaran :
- Latar belakang terjadinya perjuangan mengembalikan Irian Barat.
- Bentuk-bentuk perjuangan diplomasi, politik dan ekonomi .
- Bentuk-bentuk perjuangan
melalui konfrontasi politik .
- Pelaksanaan Trikora.
- Persetujuan New York.
- Papera.
C. Metode Pengajaran :
Pendekatan CTL
1.
Ceramah bervariasi
2.
Diskusi
3.
Tanya Jawab
4.
Penugasan
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
Materi : - Latar belakang terjadinya perjuangan mengembalikan Irian Barat.
- Bentuk-bentuk perjuangan
diplomasi, politik dan ekonomi.
a. Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran
siswa, kebersihan dan kerapian kelas
Motivasi : Menunjukkan Peta Indonesia
Apersepsi :
Meminta salah satu siswa untuk memimpin menyanyikan lagu Dari Sabang Sampai
Merauke
-
Meminta salah satu siswa untuk menunjukkan letak P. Irian Barat pada peta Indonesia
.
-
Memberi pertanyaan tentang isi perundingan KMB
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip wawasan wiyata mandala dan
belajar dari aneka sumber;
F
dengan tanya
jawab menyebutkan contoh-contoh terjadinya perubahan sosial.
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru membagi
kelas dalam 8 kelompok , setiap kelompok terdiri dari 5 siswa.
F
Guru membagi
kartu pokok permasalahan :
F
Kelompok Natsir 1
dan 2 : Upaya perundingan kabinet pada masa demokrasi Liberal untuk
pengembalian Irian Barat.
F
Kelompok Sukiman
1 dan 2 : Perjuangan diplomasi pengembalian Irian Barat Melalui forum PBB
F
Kelompok Ali
Sastroamijoyo 1 dan 2 : Perjuangan pengembalian Irian BaratDengan pembentukan
pemerintahan sementara Tahun 1956.
F
Kelompok
Burhanudin Harahap 1 dan 2 : Perjuangan pengembalian Irian Barat Melalui
ekonomi.
F
Masing – masing
kelompok berdiskusi, guru membimbing dan mengadakan penilaian .
F
Guru meminta
kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok lain Menanggapi .
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Membuat
kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi.
F
Memberikan
refleksi dengan memberi tanggapan.
F
Memberikan tugas
individu pada siswa untuk mengerjakan latihan soal yang sudah yang disiapkan
guru.
2. Pertemuan II
Materi :
-
Bentuk-bentuk perjuangan
melalui konfrontasi politik
-
Pelaksanaan Trikora
a. Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas
Motivasi : Menunjukkan Peta Indonesia
Apersepsi dengan mengajukan
pertanyaan :
-
Berikan
penjelasan bahwa bangsa kita sebagai bangsa pemberani dan pejuang?
-
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas
-
Guru meminta
siswa memberi penjelasan tentang kata damai?
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru meminta
siswa secara berurutan untuk menuliskan kata kunci yang berkaitan dengan
perjuangan bersenjata dalam pengembalian Irian Barat.
F
Siswa diminta
memberi nomor atau kode dari kata kunci
yang berhubungan dengan kata TRIKORA, Operasi militer, Pertempuran Laut Aru,
tokoh atau pemimpin
F
Siswa diminta
memberikan ulasan atau pejelasan tentang kata pokok di atas.
F Siswa diminta untuk menyimpulkan tentang latar
belakang perjuangan bersenjata, isi Trikora dan Operasi Mandala.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Kelas dibagi
dalam 6 kelompok .
F
Guru memasang
alat permainan kata dan mengacaknya .
F
Guru meminta
kelompok 1,2,dan 3 untuk memasang kartu
informasi pada
F
Peraga di papan tulis dalam waktu yang singkat, kelompok 4,5,dan 6 memberi
F
tanggapan hasil kerja kelompok sebelumnya.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik
3. Pertemuan III
Materi :
- Persetujuan
New York
- Pepera
a. Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas
Motivasi : Menunjukkan Peta Indonesia
Apersepsi dengan mengajukan
pertanyaan :
- Berikan penjelasan bahwa bangsa kita suka damai?
- Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan kelas.
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru meminta
siswa secara berurutan untuk menuliskan pengembangan kata
kunci damai
dan demokrasi
F
Siswa diminta
memberikan ulasan atau pejelasan tentang kata kunci di atas.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Kelas dibagi
dalam 6 kelompok .
F
Guru memasang
alat permainan kata dan mengacaknya .
F
Guru meminta
kelompok 1, 2, dan 3 untuk memasang kartu informasi
pada
peraga di papan tulis dalam waktu yang singkat
Kelompok 4,5,dan 6
memberi tanggapan hasil kerja kelompok sebelumnya
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik terstruktur maupun mandiri
F
Tiap kelompok
untuk membuat kesimpulan tentang Pokok-pokok usulan Bunker, Perjanjian New
York, dan Pepera.
E. Sumber Belajar;
1.
Khasanah ilmu
pengetahuan sosial 3
2.
Buku-buku sejarah yang relevan.
3.
Peta Indonesia.
F. Penilaian Hasil Belajar:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
· Menguraikan latar
belakang terjadinya perjuangan mengembalikan Irian Barat
· Mengidentifikasi perjuangan diplomasi dalam upaya mengembalikan Irian Barat
· Mengidentifikasi
perjuangan dengan konfrontasi politik dan ekonomidalam upaya mengembalikan Irian Barat
· Mengidentifikasi pelaksanaan Trikomando Rakyat
(Trikora) Untuk merebut Irian Barat
· Mendeskripsikan Persetujuan New York
dan pengaruhnya terhadap penyelesaian
masalah Irian Barat
· Menjelaskan arti penting Penentuan pendapat rakyat
(Pepera)
|
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes
tulis
Penugasan
Tes
tulis
Tes
tulis
|
Tes
pilihan ganda
Tes
Uraian
Tes
Uraian
Tugas
proyek
Tes
Uraian
Tes
Uraian
|
Latar belakang
terjadinya perjuangan mengembalikan Irian Barat ialah....
a. Belanda mendirikan
ngara boneka Papua
b. Belanda mengirimkan kapal
induk di perairan Irian
c. belum dilakukan jajak
pendapat bagi rakyat Irian
d. Belanda tidak menepati
janji untuk menyelesaikan Irian
Sebutkan contoh- contoh
perjuangan diplomasi dalam upaya menembalikan Irian Barat
Sebutkan
Contoh- contoh perjuangan dengan konfrontasi politik dan ekonomi dalam upaya
mengembalikan Irian Barat
Buatlah
laporandari hasil pengamatan gambar
–gambar danpeta pelaksanaan Tri komando rakyat (Trikora)
Sebutkan
isi persetujuan New York dan jelaskan pengaruhnya terhadap penyelesaian masalah Irian Barat
Jelaskan arti penting Penentuan pendapat Rakyat
(Pepera)
|
Lembar Penilaian Proses
(diskusi)
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai dan rentang nilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1-5
|
1-5
|
1-5
|
1-5
|
||||
1
2
dst
|
Daryono
Handoyo
|
3
4
|
5
4
|
3
5
|
4
4
|
15
17
|
|
Aspek
diskusi yang dinilai :
Ø Keaktifan dalam kelompok
Ø Keberanian menyampaikan
pendapat
Ø Kebenaran dalam menjawab
Ø Menghargai pendapat
Mengetahui,
Kepala SMP 1
Doro,
USMAN, S.Pd
NIP. 19670724
198901 1 002
|
|
Doro, 14 Juli 2014
Guru Mapel IPS,
KHAIRUL HUDA
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah : SMP 1 Doro
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas
/ Semester : IX / II
Standar Kompetensi :
6. Memahami usaha mempertahankan Republik
Indonesia.
Kompetensi
Dasar : 6.2. Mendeskripsikan
peristiwa tragedi nasional peristiwa
Madiun/PKI, DI/TII, G.30 S/PKI dan konflik-konflik internal
lainnya.
Alokasi :
6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi
siswa diharapkan mampu :
1. Menjelaskan dampak
persoalan hubungan pusat- daerah, persaingan ideologis, dan pergolakan
sosial-politik lainnya terhadap
kehidupan politik nasional dan daerah sampai awal tahun 1960-an
2. Menjelaskankan terjadinya peristiwa Madiun/
PKI dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya dan
konflik-konflik internal lainnya
3. Menjelaskankan terjadinya peristiwa DI/TII
dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya
4. Menjelaskan keadaan politik, ekonomi, sosial, dan budaya sebelum terjadinya peristiwa
G.30
S/PKI
5. Menjelaskankan terjadinya perstiwa G 30S/PKI dan cara penumpasannya
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pembelajaran :
1. Dampak persoalan hubungan
pusat daerah, persaingan ideologis, dan pergolakan sosial politik lainnya
terhadap kehidupan politik nasional dan daerah sampai awal tahun 1960- an
2. Peristiwa Madiun/PKI dan
cara yang dilakukan pemerintah dalam penanggulangannya dan konflik-konflik internal lainnya
3. Peristiwa DI/ TII dan
cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya
4. Keadaan politik, ekonomi, sosial, dan budaya sebelum terjadinya
peristiwa G 30 S/PKI
5. Peristiwa G 30 S/ PKI dan
cara penanggulangannya
C. Metode Pengajaran :
1.
Ceramah bervariasi
2.
Diskusi
3.
Tanya Jawab
4.
Penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
Materi :
1.
Dampak persoalan hubungan pusat daerah, persaingan
ideologis, dan pergolakan sosial politik lainnya terhadap kehidupan politik
nasional dan daerah sampai awal tahun 1960- an
2.
Peristiwa Madiun/PKI dan cara yang dilakukan pemerintah
dalam penanggulangannya dan konflik-konflik
internal lainnya
a. Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa,
mengisi buku jurnal, kerapian dan ketertiban siswa
Motivasi : Menunjukkan
gambar/foto-foto peristiwa Madiun/ G-30S-PKI
Apersepsi :
-
Guru memajang
peta Indonesia dengan mengajukan berbagai pertanyaan tentang pemerintah pusat
dan daerah.
-
Guru menanyakan : Apakah hubungan pusat – daerah pada masa awal
kemerdekaan sudah berjalan dengan baik?
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi,
F
Siswa diminta
memperhatikan peta di depan, dan memperhatikan penjelasan guru tentang hubungan
pemerintah pusat dan daerah, hingga menimbulkan terjadinya
pemberontakan-pemberontakan di daerah.
F
Siswa mencari dan
menyebutkan contoh-contoh pemberontakan yang pernah terjadi di Indonesia.
F
Siswa membaca
teks dalam buku untuk menemukan sebab-sebab terjadinya pemberontakan PKI di
Madiun.
F
Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang proses pemberontakan PKI di Madiun. Dan
cara penumpasannya, diselingi tanya jawab
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
2. Pertemuan
II
Materi :
-
Peristiwa DI/ TII dan cara yang dilakukan oleh pemerintah
dalam penanggulangannya
-
Keadaan politik, ekonomi, sosial, dan budaya sebelum terjadinya peristiwa
G 30 S/PKI
a. Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa,
mengisi buku jurnal, kerapian dan ketertiban siswa.
Motivasi :
Menunjukkan gambar/foto-foto peristiwa Madiun/ G-30S-PKI
Apersepsi :
-
Guru memajang
peta Indonesia dengan mengajukan berbagai pertanyaan tentang peristiwa DI/TII
-
Guru menanyakan tentang
keadaan
politik, ekonomi, sosial, dan budaya sebelum terjadinya
peristiwa G 30 S/PKI
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi,
F
Siswa diminta
memperhatikan peta di depan, dan memperhatikan penjelasan guru tentang peristiwa DI/TII
F
Siswa mencari dan
menyebutkan tentang keadaan politik, ekonomi, sosial, dan budaya sebelum
terjadinya peristiwa G 30 S/PKI
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya
diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
3. Pertemuan
III
Materi :
-
Peristiwa G 30 S/ PKI dan cara penanggulangannya
a. Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa,
mengisi buku jurnal, kerapian dan ketertiban siswa.
Motivasi :
Menunjukkan gambar/foto-foto peristiwa Madiun/ G-30S-PKI
Apersepsi :
-
Guru memajang
peta Indonesia dengan mengajukan berbagai pertanyaan tentang Peristiwa G 30 S/ PKI
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi,
F
Siswa diminta
memperhatikan peta di depan, dan memperhatikan penjelasan guru tentang Peristiwa G 30 S/ PKI
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya
diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
E. Sumber Belajar
1.
Buku IPS Yang
relefan.
2.
Peta Indonesia
3.
Nara sumber
4.
Gambar-gambar
pahlawan
5.
Foto-foto dokumen
6.
Guru
F. Penilaian Hasil Belajar :
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
· Mendeskripsikan
terjadinya peristiwa Madiun/ PKI dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam
penanggulangannya.
· Mendeskripsikan
terjadinya peristiwa DI/TII dan cara yang dilakukan oleh pemerintah untuk
penaggulangannya
· Mengidentifikasi
keadaan politik, ekonomi,
sosial, dan budaya sebelum
terjadinya peristiwaG.30 S/PKI
· Mendeskripsikan
terjadinya perstiwa G 30S/PKI dan cara penumpasannya
|
Tes
tulis
Tes
tulis
Wawancara
Tes
tulis
|
Tes
Uraian
Tes
Uraian
Pedoman
wawancara
Tes
Uraian
|
Jelaskan
terjadinya peristiwa Madiun /PKI dan jelaskan cara yang dilakukan pemerintah
untuk menanggulanginya
Jelaskan
terjadinya peristiwa DI/TII dan cara pemerintah dalam penanggulangannya
Lakukan
wawancara kepada tokoh-tokoh atau anggota masyarakat yang mengalami keadaan
politik, ekonomi, sosial, dan budaya sebelum terjadinya peristiwa G 30 s/PKI,
kemudian buatlah kesimpulannya serta buatlah laporannya
Jelaskan
terjadinya peristiwa G 30 S /PKI dan cara penanggulangannya
|
Mengetahui,
Kepala SMP 1
Doro,
USMAN, S.Pd
NIP. 19670724
198901 1 002
|
|
Doro, 14 Juli 2014
Guru Mapel IPS,
KHAIRUL HUDA
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP 1 Doro
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 7. Memahami perubahan pemerintah dan kerjasama internasional
Kompetensi Dasar : 7.1 Menjelaskan berakhirnya masa Orde Baru dan lahirnya Refomasi
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2x pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran,
siswa dapat :
1. Menyusun kronologi dan
dan mendeskripsikan peristiwa–peristiwa
politik penting pada masa Orde Baru
2. Menggunakan data
statistik untuk menguraikan proses perkembangan ekonomi pada masa Orde Baru
3. Mendeskripsikan berakhirnya Orde Baru
dan lahirnya Reformasi
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi
Ajar
1. Peristiwa- peristiwa
politik penting pada masa Orde Baru
2. Data statistik ekonomi
Orde Baru
3. Berakhirnya orde Baru, krisis ekonomi dan gerakan
Reformasi
C. Metode
Pengajaran :
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1
Materi
:
1. Peristiwa- peristiwa
politik penting pada masa Orde Baru
2. Data statistik ekonomi
Orde Baru
Pendahuluan
:
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan
kerapihan kelas
Motivasi :
Menunjukkan data statistik ekonomi Orde Baru
Apersepsi :
- Menanyakan
tentang peristiwa-peristiwa
politik penting pada masa Orde Baru
- Menunjukkan
data
statistik ekonomi Orde Baru
Kegiatan
Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Membaca referensi
dan mengamati gambar peristiwa-peristiwa
politik penting pada masa Orde Baru
F
Mendeskripsikan data statistik ekonomi Orde Baru
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik terstruktur maupun mandiri
Pertemuan 2
Materi : Berakhirnya orde Baru, krisis ekonomi dan gerakan
Reformasi
Pendahuluan
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan
kerapihan kelas
Motivasi :
Menunjukkan foto-foto/gambar hasil pembangunan masa Orba
Apersepsi :
- Siapakah presiden RI yang ke-3?
- Bagaimanapun juga orde baru telah menunjukan
hasil-hasil pembangunan nasional, sebutkan!
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru meminta
siswa mengamati
beberapa gambar/foto yang berkaitan
dengan peristiwa-peristiwa yang melatarbelakangi
runtuhnya orde baru.
F
Tanya jawab
mengenai kondisi ekonomi pada masa akhir orde baru
F
Mengkaji
referensi mengenai kondisi politik dan sosial pada masa akhir orde baru.
F
Mengkaji
referensi untuk mengidentifikasi alasan lahirnya reformasi
F
Mendeskripsikan
secara kronologis lahirnya reformasi
F
Guru menjelaskan
pemerintahan saat reformasi.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
E. Sumber
Belajar
Buku Pembelajaran IPS terpadu
F. Penilaian
Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
·
Menyusun
kronologi dan dan Mendeskripsikan peristiwa–peristiwa
politik penting pada masa Orde Baru
·
Menggunakan data
statistik untuk menguraikan proses perkembangan
ekonomi pada masa Orde Baru
·
Mendeskripsikan
berakhirnya Orde Baru dan lahirnya
Reformasi
|
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes
tulis
|
Tes Lisan
Penugasan
Penugasan
|
1. Tokoh yang berperan
dalam keluarnya Supersemar adalah...
2. Keberhasilan
pembangunan di masa Orde baru terlihat pada pembangunan bidang......
3. Pada masa orde baru,
secara de facto yang banyak memegang kedaulatan adalah......
4. Tokoh-tokoh reformasi
antara lain adalah.......
5. Persetujuan Jakarta
untuk mengakhiri konfrontasi Indonesia – Malaysia ditandatangani pada
tanggal......
1.Buatlah perbandingan
pelaksanaan pemilu 1955 dan 1971. Uraikan perbandingannya mengenai jumlah
konstestan, sistem pemilu, asas pemilu, sistem kepartaian. Berikan pendapatmu
bahwa pemilu berperan dalam menciptakan kehidupan politis yang demokratis.
Buat
tulisan yang menceritakan penyebab runtuhnya Orde Baru dan lahirnya Reformasi
|
Mengetahui,
Kepala SMP 1
Doro,
USMAN, S.Pd
NIP. 19670724
198901 1 002
|
|
Doro, 14 Juli 2014
Guru Mapel IPS,
KHAIRUL HUDA
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP 1 Doro
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional
Kompetensi Dasar : 7.2 Menguraikan perkembangan lembaga internasional dan peran
Indonesia dalam kerjasama internasional
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2x pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah
selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Menjelaskan secara kronologis
Konferensi Asia Afrika dan mendeskripsikan
peran Indonesia
2. Menjelaskan perkembangan ASEAN dan peran
Indonesia
3. Menjelaskan perkembangan keanggotaan dan
aktivitas Perserikatan Bangsa-Bangsa dan peran Indonesia
4. Menjelaskan perkembangan Gerakan Non Blok
dan peran Indonesia
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi
Ajar
Perkembangan bentuk-bentuk kerjasama dan
peran Indonesia di dunia Internasional
a. Konferensi Asia Afrika
dan peran Indonesia
b. Perkembangan ASEAN dan
peran Indonesia
c. Perkembangan keanggotaan
dan aktivitas Perserikatan Bangsa-Bangsa dan peran Indonesia
d. Gerakan Non Blok dan
peran Indonesia
C. Metode
Pengajaran :
a. Ceramah bervariasi d. Tanya
jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan
D.Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan 1
Materi
:
a.
Konferensi Asia Afrika dan peran Indonesia
b.
Perkembangan ASEAN dan peran Indonesia
Pendahuluan
:
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan
kerapihan kelas
Motivasi :
Menunjukkan Peta ASEAN
Apersepsi :
Indonesia turut memprakarsai lahirnya
ASEAN, Gerakan Non Blok, Konferensi Asia Afrika. Di mana dilaksanakan
konferensi Asia-Afrika?
Kegiatan
Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mengkaji
referensi mengenai latar belakang diadakannya KAA
F
Tanya jawab tentang
pertemuan-pertemuan pendahulu KAA
F
Mengakaji referensi
untuk mengidentifikasi pelaksanaan KAA
F
Menyebutkan
pengaruh dan akibat KAA
F
Tanya jawab yang
berkaitan dengan KAA II, meliputi: waktu dan tempat penyelenggaraan; peserta; hasil-hasil KAA II
F
Melalui buku
sumber, siswa dapat mendeskripsikan mengenai latar belakang berdirinya ASEAN,
terbentuknya ASEAN, keanggotaan ASEAN, tujuan dan kegiatan ASEAN
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
Pertemuan2
Materi
:
a. Perserikatan Bangsa-bangsa dan peran
Indonesia
b. Gerakan
nonblok
Pendahuluan
:
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan
kerapihan kelas
Motivasi : Menunjukkan foto/gambar markas PBB
Apersepsi :
• Apa yang dimaksud dengan PBB?
• Badan-badan apa saja yang dimiliki PBB?
Kegiatan
Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Tanya jawab
tentang Perserikatan bangsa-bangsa
F
Mengamati gambar
dan dan tanya jawab mengenai keanggotaan
Indonesia dalam PBB.
F
Mengkaji
referensi dan diskusi mengenai latar belakang munculnya gerakan Non Blok
F
Tanya jawab yang
berkaitan dengan tujuan GNB
F
Mengkaji
referensi untuk mengidentifikasi pelaksanaan KTT- GNB
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya
diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik terstruktur maupun mandiri
E. Sumber
Belajar
_ Gambar-gambar /foto sejarah
_ Buku Pembelajaran IPS terpadu
F. Penilaian
Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
· Menguraikan secara
kronologis Konferensi Asia Afrika dan Mendeskripsikan peran Indonesia
· Mendeskripsikan perkembangan ASEAN dan
peran Indonesia
· Mendeskripsikan
perkembangan keanggotaan dan aktivitas Perserikatan Bangsa-Bangsa dan peran
Indonesia
· Mendeskripsikan perkembangan Gerakan Non Blok dan
peran Indonesia
|
Tes
tulis
Tes
unjuk kerja
Tes
tulis
Tes
tulis
|
Tes
Uraian
Uji
petik kerja produk
Tes
Uraian
Tes
isian
|
Jelaskan
secara kronologis Konferensi Asia Afrika dan peran Indonesia.
Buatlah
rangkuman tentang perkembangan ASEAN secara kronologis dan peran Indonesia
dari hasil membaca referensi dan media elektronik
Jelaskan
bantuan Perserikatan Bangsa- Bangsa terhadap Indonesia dan peran Indonesia
dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa
Isilah
pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas
1.Gerakan
Non Blok tidak memihak blok–blok yang saling bertentangan yaitu
..........dan..........
2
Salah satu peranan Indonesia dalam Gerakan Non Blok di antaranya
sebagai..........
|
Mengetahui,
Kepala SMP 1
Doro,
USMAN, S.Pd
NIP. 19670724
198901 1 002
|
|
Doro, 14 Juli 2014
Guru Mapel IPS,
KHAIRUL HUDA
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP 1 Doro
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 7. Memahami perubahan
pemerintahan dan kerjasama internasional
Kompetensi Dasar : 7.3 Menguraikan perilaku masyarakat dalam perubahan
sosial-budaya di era global
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
:
Setelah selesai kegiatan pembelajaran,
siswa dapat :
1. Menyebutkan ciri-ciri globalisasi
2. Menjelaskan dampak globalisi terhadap
masyarakat
3. Menceritakan perilaku masyarakat dalam
perubahan sosial-budaya di era global
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi
Ajar
a. Ciri-ciri globalisasi
b. Dampak globalisi terhadap masyarakat
c. Perilaku masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era
global
C. Metode
Pengajaran :
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1
Materi :
a. Ciri-ciri globalisasi
b. Dampak globalisasi terhadap masyarakat
Pendahuluan
:
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan
kerapihan kelas
Motivasi :
Menunjukkan foto/gambar kegiatan gotong-toyong di masyarakat
Apersepsi :
-
Coba amati dan
perhatikan kehidupan masyarakat di lingkungan tempat
tinggalmu!
masih adakah kehidupan gotong royong?
Kegiatan
Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip wawasan wiyata mandala dan
belajar dari aneka sumber;
F
dengan tanya
jawab menyebutkan contoh-contoh respon masyarakat terhadap terjadinya perubahan sosial budaya
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru memandu
siswa untuk melakukan diskusi kelompok
F
Satu kelompok
terdiri dari 5 orang
F
Masing-masing
kelompok mendiskusikan:
a. ciri-ciri globalisasi
b. Dampak globalisi terhadap masyarakat
F
Mempresentasikan
hasil diskusi
F
guru menilai
tiap-tiap kelompok dalam presentasi
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik terstruktur maupun mandiri
Pertemuan I1
Materi :
-
Perilaku masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era global
Pendahuluan
:
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan
kerapihan kelas
Motivasi :
Menunjukkan gambar/foto kegiatan sosial di masyarakat
Apersepsi :
- Coba
amati perilaku masyarakat dalam
perubahan sosial-budaya di era global!
Kegiatan
Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip wawasan wiyata mandala dan
belajar dari aneka sumber;
F
dengan tanya
jawab menyebutkan contoh-contoh respon masyarakat terhadap terjadinya perubahan sosial budaya
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru memandu
siswa untuk melakukan diskusi kelompok
F
Satu kelompok
terdiri dari 5 orang
F
Masing-masing
kelompok mendiskusikan:
-
Perilaku masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era global
F
Mempresentasikan
hasil diskusi
F
guru menilai
tiap-tiap kelompok dalam presentasi
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik terstruktur maupun mandiri
E. Sumber
Belajar
- Pembelajaran IPS terpadu
- Koran
- Majalah
- Radio
- Televisi
F. Penilaian
Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
· Mengidentifikasi
ciri-ciri globalisasi.
· Mendeskripsikan dampak
globalisi terhadap masyarakat.
· Menguraikan perilaku
masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era global.
|
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes
tulis.
|
Tes
Uraian
Tes
Uraian
Tes
Uraian
|
Sebutkan
ciri-ciri globalisasi!
Jelaskan
dampak globalisasi terhadap masyarakat.
Jelaskan
perilaku yang perlu dikembangkan oleh masyarakat dalam era globalisasi!
|
Mengetahui,
Kepala SMP 1
Doro,
USMAN, S.Pd
NIP. 19670724
198901 1 002
|
|
Doro, 14 Juli 2014
Guru Mapel IPS,
KHAIRUL HUDA
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP 1 Doro
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional
Kompetensi Dasar : 7.4 Mendeskripsikan kerjasama antarnegara di bidang ekonomi
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2x pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran,
siswa dapat :
1. Menjelaskan arti kerjasama ekonomi antarnegara
2. Menyebutkan faktor-faktor
penyebab terjadinya kerjasama ekonomi antarnegara
3. Menjelaskan tujuan
kerjasama ekonomi antarnegara
4. Menyebutkan
hambatan-hambatan dalam kerjasama ekonomi antarnegara
5. Menyebutkan bentuk-bentuk
kerja sama antarnegara
6. Menyebutkan badan-badan
kerja sama ekonomi yang bersifat regional maupun multilateral yang penting bagi Indonesia
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi
Ajar
Kerjasama Ekonomi Internasional
a. Pengertian kerjasama ekonomi internasional
b. Faktor-faktor penyebab
terjadinya kerjasama ekonomi antarnegara
c. Tujuan kerjasama ekonomi
antarnegara
d. Hambatan-hambatan yang
dihadapi dalam kegiatan ekonomi internasional
e. Bentuk-bentuk kerja sama
antarnegara
f. Badan-badan kerja sama
ekonomi yang bersifat regional maupun multilateral yang penting bagi Indonesia
C. Metode
Pengajaran :
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f.
Observasi / Pengamatan
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1
Materi :
a. Pengertian kerjasama ekonomi internasional
b. Faktor-faktor penyebab
terjadinya kerjasama ekonomi antarnegara
c. Tujuan kerjasama ekonomi
antarnegara
Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan
kerapihan kelas
Motivasi : Menunjukkan
gambar/foto kegiatan sosial di masyarakat
Apersepsi :
Negara satu dengan negara yang lainnya
saling membutuhkan, mengapa?
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan peserta
didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip wawasan wiyata mandala dan belajar
dari aneka sumber;
F
dengan tanya
jawab mengidentifikasi
kebutuhan-kebutuhan masing-masing negara yang berbeda-beda
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru memandu
pembagian kelompok
F
setiap kelompok
terdiri dari 4-5 orang
F
setiap kelompok
diberi materi mengenai:
a. pengertian kerjasama ekonomi
internasional
b. Faktor-faktor penyebab terjadinya kerjasama
ekonomi antarnegara
c. Tujuan
kerjasama ekonomi antarnegara
F
setelah selesai
berdiskusi, masing-masing kelompok mempresentasikan
F
Guru menilai
presentasi tiap-tiap kelompok
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
Pertemuan
2
Materi :
a.
Hambatan-hambatan
yang dihadapi dalam kegiatan ekonomi internasional
b.
Bentuk-bentuk kerja sama antarnegara
c.
Badan-badan
kerja sama ekonomi yang bersifat regional maupun multilateral yang penting bagi Indonesia
Pendahuluan
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan
kerapihan kelas
Motivasi :
Menunjukkan gambar/foto kegiatan sosial di masyarakat
Apersepsi :
Apa saja hambatan kerja sama ekonomi internasional?
Bentuk-bentuk kerja sama ekonomi internasional berupa apa saja?
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip wawasan wiyata mandala dan
belajar dari aneka sumber;
F
dengan tanya
jawab menyebutkan hambatan kerja sama ekonomi
internasional, bentuk-bentuk kerja sama ekonomi
internasional serta badan-badan kerja sama ekonomi yang bersifat regional maupun
multilateral yang penting bagi Indonesia
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru memandu
pembagian kelompok
F
setiap kelompok
terdiri dari 4-5 orang
F
setiap kelompok
diberi materi mengenai:
a. hambatan
kerja sama ekonomi internasional
b. bentuk-bentuk
kerja sama ekonomi internasional
c. badan-badan kerja sama ekonomi yang bersifat
regional maupun multilateral yang
penting bagi Indonesia
F
setelah selesai
berdiskusi, masing-masing kelompok mempresentasikan
F
Guru menilai
presentasi tiap-tiap kelompok
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
E. Sumber
Belajar
• Buku IPS terpadu
• mata uang asing
• Koran dan majalah
• Daftar oganisasi kerjasama ekonomi antarnegara
F. Penilaian
Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
· Mendefinisikan pengertian kerja sama ekonomi
antarnegara.
· Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab
terjadinya kerjasama ekonomi antarnegara.
· Mendeskripsikan tujuan kerjasama ekonomi antarnegara
· Mengidentifikasi hambatan-hambatan dalam
kerjasama ekonomi antarnegara.
· Mengidentifikasi
bentuk-bentuk kerja sama
antarnegara
· Mengidentifikasi
badan-badan kerja sama ekonomi yang bersifat regional maupun
multilateral yang penting bagi
Indonesia.
· Mengidentifikasi
badan-badan kerjasama ekonomi regional dan multilateral.
· Mendeskripsikan dampak
kerjasama ekonomi antar negara terhadap perekonomian Indonesia.
|
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes
Lisan
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes tulis
Penugasan
|
Tes
Uraian
Tes
uraian
Daftar
Pertanyaan
Tes
uraian
Tes
uraian
Tes
uraian
Tes Uraian
Tugas rumah
|
Jelaskan pengertian kerjasama ekonomi antarnegara
Sebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya kerjasama ekonomi antarnegara.
Sebutkan tujuan kerjasama ekonomi antarnegara
Sebutkan hambatan-hambatan
kerjasama ekonomi antarnegara
Sebutkan bentuk-bentuk kerja sama antar negara dan contohnya
masing-masing.
Sebutkan beberapa badan/ organisasi kerjasama antarnegara yang bersifat
regional maupun yang multilateral
Sebutkan badan-badan kerjasama ekonomi yang bersifat regional
Apakah dampak kerjasama
ekonomi antarnegara bagi perekonomian Indonesia ?
|
Mengetahui,
Kepala SMP 1
Doro,
USMAN, S.Pd
NIP. 19670724
198901 1 002
|
|
Doro, 14 Juli 2014
Guru Mapel IPS,
KHAIRUL HUDA
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP 1 Doro
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional
Kompetensi Dasar :
7.5 Mengidentifikasi dampak kerjasama antarnegara terhadap
perekonomian Indonesia
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1x pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran,
siswa dapat :
1. Menyebutkan badan-badan kerjasama ekonomi
regional dan multilateral
2. Menjelaskan dampak kerjasama ekonomi
antarnegara terhadap perekonomian Indonesia
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi
Ajar
1. Badan-badan kerja sama ekonomi yang bersifat
regional maupun multilateral
2. Dampak kerjasama antarnegara terhadap
perekonomian Indonesia
C. Metode
Pengajaran :
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan
kerapihan kelas
Motivasi : Menunjukkan
foto/gambar kegiatan ekonomi di Indonesia
Apersepsi :
Sebutkan badan-badan kerjasama
ekonomi regional dan multilateral!
Apa dampak
kerjasama antarnegara terhadap perekonomian Indonesia?
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip wawasan wiyata mandala dan
belajar dari aneka sumber;
F
dengan tanya
jawab mengidentifikasi
kebutuhan-kebutuhan masing-masing negara yang berbeda-beda
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru memandu
pembagian kelompok
F
setiap kelompok
terdiri dari 4-5 orang
F
setiap kelompok
diberi materi mengenai:
a. Badan-badan kerjasama ekonomi regional dan multilateral
b. Dampak kerjasama antarnegara terhadap perekonomian
Indonesia
F
setelah selesai
berdiskusi, masing-masing kelompok mempresentasikan
F
Guru menilai
presentasi tiap-tiap kelompok
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
E. Sumber
Belajar
• Buku IPS terpadu
• mata uang asing
• Koran dan majalah
• Daftar oganisasi kerjasama ekonomi antarnegara
F. Penilaian
Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
· Mengidentifikasi
badan-badan kerjasama ekonomi regional dan multilateral.
· Mendeskripsikan dampak
kerjasama ekonomi antar negara terhadap perekonomian Indonesia.
|
Tes tulis
Penugasan
|
Tes Uraian
Tugas rumah
|
Sebutkan badan-badan kerjasama ekonomi yang bersifat regional
Apakah dampak kerjasama
ekonomi antarnegara bagi perekonomian Indonesia ?
|
Mengetahui,
Kepala SMP 1
Doro,
USMAN, S.Pd
NIP. 19670724
198901 1 002
|
|
Doro, 14 Juli 2014
Guru Mapel IPS,
KHAIRUL HUDA
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar