Inspirasi

Rabu, 31 Desember 2014

RPP IPS Kelas IX semester 2 KD 5.1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah             : SMP 1 Doro
Mata Pelajaran             : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester          : IX / 2 (dua)
Standar Kompetensi     : 5.    Memahami hubungan manusia dengan bumi.                                       
Kompetensi Dasar       : 5.1. Menginterpretasikan peta tentang pola dan bentuk-bentuk
                                         muka bumi.
Alokasi waktu              : 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran        :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
  1. Menganalisis bentuk-bentuk muka bumi pada peta beserta nama-namanya.
  2. Membuat diagram/penampang melintang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
  3. Mendeskripsikan pola dan bentuk objek geografis sesuai dengan bentang alam

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )

B. Materi Pembelajaran         :
1.        Bentuk-bentuk muka bumi pada peta.
2.        Diagram Bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
3.        Teknik/Cara penggambaran bentuk muka bumi pada peta.

C. Metode Pengajaran           :
1.                              Ceramah bervariasi
2.                              Diskusi
3.                              Inquiry
4.                              Tanya Jawab
5.                              Simulasi
6.                              Pengamatan ( observasi )

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran           :
1.   Pertemuan I   
      Materi  : - Bentuk-bentuk muka bumi pada peta.                    
a. Pendahuluan            :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
Motivasi           : Menunjukkan gambar/foto permukaan bumi
Apersepsi         :
-          Mengapa permukaan bumi tidak rata?
-          Pernahkah kalian pergi ke pantai atau ke gunung? Sebutkan apa saja yang kamu lihat?

b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru meminta siswa untuk memperhatikan peta.
F  Siswa menyebutkan relief yang ada pada peta.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Siswa menyimpulkan kegiatan guru.
F  Guru memberikan pertanyaan pada siswa dengan berdiskusi interaktif.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Membuat kesimpulan.
F  Melakukan tes yang berhubungan dengan materi.
F  Memberi tugas individu agar siswa menyebutkan contoh relief daratan dan dasar laut lewat gambar majalah atau Koran.

2.   Pertemuan II 
      Materi  : - Diagram bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
                   
a. Pendahuluan            :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
Motivasi           : Menunjukkan gambar/foto permukaan bumi
Apersepsi         :
-          Berilah contoh relief permukaan bumi dan dasar laut?.

b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru meminta siswa untuk memperhatikan gambar-gambar bentuk permukaan bumi daratan dan dasar laut.
F  Siswa menjelaskan perbedaan daratan dan dasar laut.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Secara bergantian siswa maju ke depan untuk menunjukkan contoh relief daratan dan dasar laut.
F  Secara kelompok siswa membuat kesimpulan tentang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan tes yang berhubungan dengan materi di atas.
F  Memberi tugas individu di LKS.


3.   Pertemuan III
      Materi  :
                    - Pola dan bentuk objek geografis.                

a. Pendahuluan            :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
Motivasi           : Menunjukkan gambar/foto objek geografis
Apersepsi         :
-          Berilah contoh Pola dan bentuk objek geografis?.

b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru meminta siswa untuk memperhatikan gambar-gambar pola dan bentuk objek geografis

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Secara bergantian siswa maju ke depan untuk menunjukkan contoh pola dan bentuk objek geografis
F  Secara kelompok siswa membuat kesimpulan tentang pola dan bentuk objek geografis

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan tes yang berhubungan dengan materi di atas.
F  Memberi tugas individu di LKS.

E. Sumber Belajar:
1.                                                                  Buku
-          Buku IPS kelas IX
-          Buku paket Geografi kelas IX
-          Buku IPS kelas IX penerbit umum
2.                                                                  Guru
3.                                                                  OHP
4.                                                                  Gambar-gambar
5.                                                                  CD
6.                                                                  Peta Kontur

F. Penilaian Hasil Belajar:                
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Menganalisis bentuk-bentuk muka bumi pada peta.

Ü  Membuat diagram/ penampang melintang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.

Ü  Mendeskripsikan pola dan bentuk obyek geografis sesuai dengan bentang alam.


Tes harian


Tes unjuk kerja


Tugas

Tes Uraian


Produk



Tugas rumah
Ü  Jelaskan empat dari bentuk muka bumi daratan.
·   
Ü  Buatlah penampang bentuk muka bumi daratan  dan dasar laut!

Ü  Amatilah peta bentuk muka bumi Pulau Kalimantan. Jelaskan pola dataran rendah dan pegunungan di pulau tersebut!
                       
a.      Pilihan ganda
1.  Berikut ini bentuk-bentuk muka bumi daratan, kecuali…….
a.    Bukit                   c. Palung
b.    Danau                 d. gunung





                  2. Pada gambar di atas, lembah ditunjukkan pada angka…….
a.       1                      c. 3
3
 
                              b.   2                      d. 4



 






3. Pada gambar di atas, palung ditunjukkan pada angka…….
                              a.       4                      c. 2
b.      3                      d. 1

4. Lembar penilaian
No
Nama Siswa
Aspek yang di nilai
Jumlah Skor
Nilai
1
2
3
4
1-5
1-5
1-5
1-5
1.
2.
3.
4.
5.









Keterangan aspek yang dinilai.
Ø  Komentar.                                                                 5
Ø  Isi sesuai dengan materi.                                            5      
Ø  Jumlah (banyak sedikitnya)                                        5
Ø  Kerapian                                                                   5      +
                                                                               20
Jumlah skor maksmum
Nilai = skor perolehan : 3
                                                                                   
Mengetahui,
Kepala SMP 1 Doro,



USMAN, S.Pd
NIP. 19670724 198901 1 002

Doro, 14 Juli 2014
Guru Mapel  IPS,



KHAIRUL HUDA







Tidak ada komentar:

Posting Komentar