RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP 1 Doro
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IX /
2 (dua)
Standar Kompetensi : 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi.
Kompetensi
Dasar :
5.1. Menginterpretasikan peta tentang pola dan bentuk-bentuk
muka
bumi.
Alokasi
waktu : 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan
)
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi
siswa diharapkan mampu :
- Menganalisis bentuk-bentuk muka bumi pada peta beserta nama-namanya.
- Membuat diagram/penampang melintang bentuk muka bumi daratan dan dasar
laut.
- Mendeskripsikan pola dan
bentuk objek geografis sesuai dengan bentang alam
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pembelajaran :
1.
Bentuk-bentuk muka bumi pada peta.
2.
Diagram Bentuk muka bumi daratan dan
dasar laut.
3.
Teknik/Cara penggambaran bentuk muka
bumi pada peta.
C. Metode Pengajaran :
1.
Ceramah
bervariasi
2.
Diskusi
3.
Inquiry
4.
Tanya Jawab
5.
Simulasi
6.
Pengamatan (
observasi )
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
Materi : - Bentuk-bentuk muka bumi
pada peta.
a. Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
Motivasi : Menunjukkan gambar/foto permukaan bumi
Apersepsi :
-
Mengapa permukaan
bumi tidak rata?
-
Pernahkah kalian
pergi ke pantai atau ke gunung? Sebutkan apa saja yang kamu
lihat?
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru meminta
siswa untuk memperhatikan peta.
F
Siswa menyebutkan
relief yang ada pada peta.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
menyimpulkan kegiatan guru.
F
Guru memberikan
pertanyaan pada siswa dengan berdiskusi interaktif.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Membuat
kesimpulan.
F
Melakukan tes
yang berhubungan dengan materi.
F
Memberi tugas
individu agar siswa menyebutkan contoh relief daratan dan dasar laut lewat gambar majalah atau Koran.
2. Pertemuan II
Materi : - Diagram bentuk
muka bumi daratan dan dasar laut.
a. Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
Motivasi : Menunjukkan gambar/foto permukaan bumi
Apersepsi :
-
Berilah contoh
relief permukaan bumi dan dasar laut?.
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru meminta
siswa untuk memperhatikan gambar-gambar bentuk permukaan bumi daratan dan dasar
laut.
F
Siswa menjelaskan
perbedaan daratan dan dasar laut.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Secara bergantian
siswa maju ke depan untuk menunjukkan contoh relief daratan dan dasar laut.
F
Secara kelompok
siswa membuat kesimpulan tentang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan tes
yang berhubungan dengan materi di atas.
F
Memberi tugas
individu di LKS.
3. Pertemuan
III
Materi :
- Pola dan
bentuk objek geografis.
a. Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
Motivasi : Menunjukkan gambar/foto objek geografis
Apersepsi :
-
Berilah contoh Pola
dan bentuk objek geografis?.
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F
Guru meminta
siswa untuk memperhatikan gambar-gambar pola dan bentuk
objek
geografis
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Secara bergantian
siswa maju ke depan untuk menunjukkan contoh pola dan bentuk objek geografis
F
Secara kelompok
siswa membuat kesimpulan tentang pola dan bentuk objek geografis
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan tes
yang berhubungan dengan materi di atas.
F
Memberi tugas
individu di LKS.
E. Sumber Belajar:
1.
Buku
-
Buku IPS kelas IX
-
Buku paket
Geografi kelas IX
-
Buku IPS kelas IX
penerbit umum
2.
Guru
3.
OHP
4.
Gambar-gambar
5.
CD
6.
Peta Kontur
F. Penilaian Hasil Belajar:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü
Menganalisis bentuk-bentuk muka bumi pada peta.
Ü
Membuat diagram/ penampang melintang
bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
Ü
Mendeskripsikan pola dan bentuk obyek
geografis sesuai dengan bentang alam.
|
Tes harian
Tes unjuk kerja
Tugas
|
Tes Uraian
Produk
Tugas rumah
|
Ü Jelaskan empat dari
bentuk muka bumi daratan.
·
Ü Buatlah penampang
bentuk muka bumi daratan dan dasar
laut!
Ü Amatilah peta bentuk
muka bumi Pulau Kalimantan. Jelaskan pola dataran rendah dan pegunungan di
pulau tersebut!
|
a. Pilihan ganda
1. Berikut ini
bentuk-bentuk muka bumi daratan, kecuali…….
a.
Bukit c. Palung
b.
Danau d. gunung
2. Pada gambar
di atas, lembah ditunjukkan pada angka…….
a. 1 c.
3
|
3. Pada gambar di atas, palung ditunjukkan pada angka…….
a.
4 c. 2
b.
3 d. 1
4. Lembar penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang di nilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1-5
|
1-5
|
1-5
|
1-5
|
||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan aspek yang dinilai.
Ø Komentar. 5
Ø Isi sesuai dengan materi. 5
Ø Jumlah (banyak
sedikitnya) 5
Ø Kerapian 5 +

Jumlah skor maksmum
Nilai = skor perolehan : 3
Mengetahui,
Kepala SMP 1
Doro,
USMAN, S.Pd
NIP. 19670724
198901 1 002
|
|
Doro, 14 Juli 2014
Guru Mapel IPS,
KHAIRUL HUDA
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar